Sukses

Kota Ini Dibeli untuk Ditanami Ganja

Penjualan kota tersebut masih dalam tahap escrow (perjanjian legal) dengan harga akhir yang belum diungkap.

Liputan6.com, Nipton - Kota kecil Nipton yang terletak di negara bagian California, Amerika Serikat baru saja dibeli oleh sebuah perusahaan bernama American Green Inc. Bukan untuk dibangun pabrik produksi, melainkan diubah menjadi tujuan wisata baru bagi pecinta 'rumput liar' (ganja).

Dikutip dari laman Therichest.com, Selasa (8/8/2017), Nipton adalah sebuah kota kecil dengan jumlah penduduk sekitar puluhan orang. Tak banyak atraksi di kota tersebut. Hanya mencakup hotel, beberapa rumah kecil, toko umum, kedai kopi dan taman sebagai tempat berkemah.

American Green berencana untuk mengubah kota kecil tersebut menjadi tujuan wisata ramah energi dan pusat penanaman ganja.

Nipton sempat ditinggalkan sesaat oleh warga pada tahun 1950. Kemudian kota ini kembali ditemukan oleh Gerald Freeman, seorang ahli geologi.

Freeman membeli kota tersebut pada tahun 1985 dan menghabiskan 30 tahun berikutnya untuk memulihkan arsitektur kota kuno tersebut. Ia menambahkan beberapa teknologi modern seperti pusat energi surya yang menyediakan pasokan listrik.

Penjualan kota tersebut masih dalam tahap escrow (perjanjian legal) dengan harga akhir yang belum diungkap. Sang pemilik kota saat ini, Roxanne Lang mengatakan, revolusi ganja yang terjadi di AS memiliki kekuatan untuk merevitalisasi kembali kota kecil itu.

"Revolusi ganja yang terjadi di AS sangat berdampak guna merevitalisasi Nipton, sehingga menjadi kota dengan tujuan wisata," ujar David Gwyther, CEO American Green.

Sejauh ini, American Green telah mengungkap beberapa rencana spesifik mengenai tata kelola kota. Pihaknya berencana untuk memperluas pemanfaatan energi surya, menanam ganja di ladang, dan menjual minuman yang mengandung ganja.

Selain itu, perusahaan ini akan menjangkau industri makanan dan mencoba meyakinkan banyak orang untuk pindah ke kota ini.

Penduduk California yang mengetahui rencana ini sangat terkejut. Pasalnya, ada konsep kota semacam ini yang diberikan oleh sebuah perusahaan.

Publik dibuat senang karena banyak warga yang lebih menyukai kota dengan konsep alam dibanding kota metropolitan yang ramai penduduk.

Nipton dapat dicapai dengan mudah jika berkendara dari kota Las Vegas. Berjarak 92 km dari selatan kota dan berjarak 16 kilometer dari jalan raya utama.

Selama ini, sebagian wisatawan yang datang ke Nipton adalah penggemar wisata gurun dan semak belukar.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.