Sukses

Jelang SEA Games, Malaysia Tangkap 400 Orang Terduga Teroris

Operasi anti-teroris yang dilakukan aparat keamanan Malaysia berhasil menangkap lebih dari 400 terduga teroris.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menjelang digelarnya SEA Games di Kuala Lumpur pekan depan, operasi anti-teroris yang dilakukan aparat keamanan Malaysia berhasil menangkap lebih dari 400 orang yang berpotensi melakukan aksi teror.

Dari keterangan aparat keamanan setempat, penyergapan tersebut dilakukan di Kuala Lumpur. Seluruh yang ditangkap adalah warga asing.

Mereka kebanyakan berasal dari negara di Asia Selatan seperti Bangladesh, India, dan Pakistan.

Dalam penyergapan tersebut, beberapa barang bukti seperti mesin untuk membuat paspor dan dokumen imigrasi palsu juga disita.

Saat ini ratusan orang yang ditangkap telah dibawa ke kantor polisi. Seluruh terduga pelaku akan diperiksa secara intensif.

Pihak berwenang menyatakan, target operasi ini adalah orang-orang yang punya dokumen perjalanan palsu dan hilang serta punya afiliasi dengan kelompok teror di Irak dan Suriah.

"Kami akan mendeteksi dan mengambil tindakan terhadap orang asing yang dicurigai punya hubungan dengan teroris, terutama yang pernah terlibat kegiatan di Suriah," ucap Pejabat Kontra Teror Malaysia, Ayob Khan Mydin Pitchay seperti dikutip dari BBC, Selasa (8/8/2017).

Ia menambahkan, saat operasi penyergapan dilakukan, mereka mencari barang-barang terkait dengan radioaktif. Namun, tidak ada yang ditemukan.

Malaysia memperketat keamanan jelang SEA Games. Pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut akan diselenggarakan kurang dari sepekan.

Simak video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.