Sukses

Kelompok Budaya RI Buka Festival di Jepang

Sejumlah tarian dari Indonesia meriahkan acara Kessennuma Festival yang juga dikenal sebagai Minato Matsuri di Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Parade budaya Indonesia di Tokyo, Kesennuma Festival digelar. Duta Besar RI untuk Jepang, Ir Arifin Tasrif, turut menggunting pita yang menandai dibukanya acara tersebut, pada 6 Agustus 2017 waktu setempat.

Dubes Tasrif kemudian ikut berjalan bersama Indonesia Parade yang diberi kehormatan untuk tampil sebagai kelompok kebudayaan pertama, setelah Wali Kota Kesennuma meluncur terlebih dahulu untuk menyambut para penduduk di sana dan para wisatawan dari wilayah lain di Jepang.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Selasa (8/7/2017), tahun 2017 ini Indonesia Parade terdiri dari tiga buah kendaraan truk berupa float dengan dekorasi khas Bali, dikelilingi oleh masyarakat Indonesia dan Jepang yang mengenakan berbagai busana Nusantara. Terlihat beberapa penari asal Negeri Matahari Terbit itu membawakan tari dari Pulau Dewata di atas truk.

Dalam kata sambutannya di hari pertama Minato Matsuri, Dubes Tasrif mengucapkan terima kasih kepada warga Kesennuma yang telah menerima pekerja asal Indonesia sebagai bagian dari penduduk mereka.​

Sejak 2003, jauh sebelum gempa dan tsunami melanda Kesennuma, KBRI Tokyo turut membina para pekerja asal Indonesia yang bermukim di wilayah itu untuk turut meramaikan festival yang dikenal dengan Minato Matsuri (festival pelabuhan).

Sebagai kota dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan, maka ada kedekatan dengan Indonesia sehingga dibuatlah Bali Parade yang menjadi bagian dari parade dalam Kesennuma Festival.

Setelah gempa dan tsunami pada Maret 2011, begitu banyak bantuan yang diterima penduduk Kesennuma dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Ditambah datangnya Presiden SBY beserta Ani Yudhoyono untuk meninjau secara langsung upaya pemulihan kota itu.

Saat itu, SBY menyerahkan bantuan Pemerintah RI sebesar 2 juta dolar AS, kemudian nama Bali Parade diganti nama menjadi Indonesia Parade di dalam Minato Matsuri.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.