Sukses

Menlu Korsel-Korut Bertemu di ASEAN, Bahas Apa?

Peristiwa langka terjadi di sela-sela pertemuan tingkat menteri ASEAN. Pertemuan Menlu Korut-Korsel dilaporkan akhirnya terjadi.

Liputan6.com, Manila - Peristiwa langka terjadi di sela-sela pertemuan tingkat menteri ASEAN di Manila Filipina. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha memastikan telah bertemu dengan koleganya dari Korea Utara.

Kyung-wha dan Menlu Korut Ri Yong-ho tengah berada di Manila untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN.

Kendati demikian, sejauh ini belum diketahui secara detail apa saja yang akan dibahas kedua menlu tersebut. Namun, pertemuan ini merupakan yang pertama sejak Korut melakukan uji coba misil antarbenuanya beberapa waktu lalu.

Dalam laporan beberapa media Korsel, pertemuan disebutkan berlangsung saat gala dinner pada Minggu, 6 Agustus 2017. Kala itu, terlihat Yong Ho dan Kyung-wha berjabat tangan lalu segera melakukan pembicaraan singkat.

Seorang pejabat Kemlu Korsel mengatakan, Menlu Korut menolak pembaruan perundingan kedua negara. Penolakan tersebut disebut sebagai respons atas tindakan tidak jujur Korut.

Penolakan ini sebelumnya telah diramalkan China. Namun, mereka percaya Pyongyang tak akan melakukan penolakan secara menyeluruh.

"Perasaan saya, Korut tak akan sepenuhnya menolak proposal positif yang diajukan Korsel," ucap Menlu China Wang Yi.

Dia menambahkan, meski China merupakan sekutu terdekat Korut, tetapi inisiatif perdamaian yang disampaikan Korsel didukung penuh negaranya.

Simak video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.