Sukses

Jepang Peringati 72 Tahun Serangan Bom Nuklir di Hiroshima

Pada 6 Agustus 72 tahun silam, AS menjatuhkan bom nuklir di Hiroshima. Peristiwa itu menewaskan sekitar 140 ribu orang.

Liputan6.com, Tokyo - Jepang pada Minggu, 6 Agustus memperingati 72 tahun pengeboman nuklir oleh Amerika di Hiroshima. Tragedi tersebut sekaligus membawa akhir Perang Dunia II.

"Untuk benar-benar berusaha mencapai dunia tanpa senjata nuklir, kita memerlukan partisipasi dari negara-negara senjata nuklir dan negara-negara non-nuklir," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam upacara tahunan di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, dekat tempat jatuhnya bom itu, seperti dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (7/8/2017).

Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui mengatakan, "Selama senjata nuklir ada dan pembuat kebijakan mengancam akan menggunakannya, senjata yang mengerikan itu bisa tiba-tiba muncul di tengah-tengah kita kapan saja. Kita bisa menderita karena kekejamannya."

Pengeboman Hiroshima menewaskan sekitar 140 ribu orang saat itu dan akibat kebakaran radiasi tidak lama setelahnya.

Satu bom lagi dijatuhkan di kota pelabuhan Nagasaki tiga hari kemudian. Bom kedua ini menewaskan sekitar 70 ribu orang penduduk.

Washington mengemukakan alasan bahwa serangan itu diperlukan untuk mengakhiri perang lebih cepat. Enam hari setelah pengeboman Nagasaki, Jepang menyerah dan perang berakhir.

 

Simak video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.