Sukses

Bahasa Jawa Dipakai di Bandara Dubai, Ini Videonya

Video mengenai bahasa Jawa dijadikan untuk informasi penerbangan di Dubai menjadi viral di beberapa situs berbagi video dan media sosial.

Liputan6.com, Dubai - Warganet dikejutkan dengan berita viral mengenai penggunaan Bahasa Jawa halus untuk informasi penerbangan di Bandara Internasional Dubai.

"Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade," demikian bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai ke Jakarta.

Dalam artikel yang ditulis di BBC Indonesia, penumpang yang memahami bahasa Jawa -- malah tertawa lepas saat mendengar pengumuman di ruang tunggu. Kaget benar, boarding announcement-nya pakai bahasa Jawa. Saya ketawa-ketawa bareng orang Indonesia yang lain," kata Wahyu Pratomo, seorang warga Bandung.

Meski dapat dikatakan sebagai bahasa yang memiliki penutur terbanyak di Indonesia -- mencapai 90 jutaan orang -- menurut Ketua Umum Wikimedia Indonesia Biyanto Rebin, bahasa Jawa dan budayanya cenderung tidak terawat. Eksistensinya sudah mulai luntur.

"Kondisi bahasa Jawa agak memprihatinkan. Di kota-kota besar banyak orang yang sudah beralih bahasa. Penutur bahasa Jawa malah mengajarkan anak-anaknya berbahasa Indonesia. Rujukan mereka lebih ke Bahasa Indonesia, budaya nasional, kemudian budaya asing," ujar Biyanto.

Pria kelahiran Salatiga ini juga mengatakan, Bahasa Jawa mengandung unsur budaya yang tidak bisa dideskripsikan dengan bahasa lain.

Saat ini hanya ada dua bandara yang menggunakan pengumuman informasi penerbangan dengan bahasa Jawa. Selain Bandara Internasional Dubai, Bandara Adisutjipto di Yogyakarta juga memberlakukan hal ini sejak 17 Juli lalu.

Penasaran dengan video pengumuman di Bandara Dubai, berikut videonya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.