Sukses

Kaisar Jepang Beri Bintang Jasa kepada Mantan Dubes RI

The Order of the Rising Sun Gold and Silver Star, diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang, Akihito di Istana Kaisar di Tokyo pada Mei 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jepang, melalui Duta Besar Masafumi Ishii memberikan penganugerahan bintang jasa 2017 kepada Soemadi Djoko Moerdiono Brotodiningrat. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi berkat kontribusinya dalam mendorong persahabatan dan pemahaman antara kedua negara.

Tak tangung-tanggung, bintang jasa The Order of the Rising Sun Gold and Silver Star, diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang, Akihito di Istana Kaisar di Tokyo pada Mei 2017.

Menurut Masafumi Ishii, penghargaan ini diserahkan kepada Soemadi bukan tanpa alasan. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang antara 1998 sampai 2002 tersebut dinilai memberi kontribusi nyata dalam membangun hubungan bilateral baru antara Jepang dan Indonesia.

Di antaranya, memperkuat hubungan dalam bidang politik dan ekonomi. Sosok seperti Soemadi pun dikatakan sebagai anak bangsa yang mampu berdedikasi kepada negara.

"Pemerintah Jepang dengan bangga memberikan The Order of the Rising Sun Gold and Silver Star kepada Soemadi. Pihak kami sangat berterima kasih atas segala bentuk jasa yang ia berikan," ujar Masafumi saat menyampaikan sambutan di kediaman pribadinya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"Soemadi dapat dikatakan sebagai jembatan penghubung. Sudah banyak bentuk kerja sama baru yang kami jalankan, dan Soemadi turut ikut andil dalam perwujudan kerja sama tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Soemadi sangat terhormat atas pemberian bintang jasa yang dari pemerintah Jepang. Ia menilai penghargaan ini adalah bukti hubungan persahabatan yang baik antara kedua negara.

"Meskipun saya sudah tak lagi menjabat sebagai duta besar, saya selalu menggunakan kapasitas saya untuk mendorong terjalinnya hubungan kerja sama yang baik antar kedua negara," ujar Soemadi.

"Penghargaan ini tak akan menjadikan saya cepat puas. Saya juga berharap, akan ada kontribusi lain yang akan saya berikan. Kapan pun dan di mana pun saya berada," tambahnya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii memberikan penghargaan bintang jasa kepada Soemadi Djoko Moerdiono Brotodiningrat (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Masafumi Ishii juga mengatakan, penghargaan bintang jasa ini tak hanya diberikan kepada Soemadi. Ada beberapa tiga warga negara Indonesia lainnya yang diberikan penghargaan serupa.

Ketiga WNI tersebut di antaranya yaitu Marzuki Darusman yang diapresiasi atas kinerjanya sebagai pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk situasi HAM di Korea Utara.

Kemudian mantan rektor Universitas Darma Persada, Kamaruddin Abdullah, yang menerima The Order of the Rising Sun Gold Rays with Neck Ribbon. Kamaruddin dinilai memberi kontribusi nyata dalam memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Jepang dan penelitian tentang Jepang.

Selanjutnya, mantan staf Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Setsuko Kawahara Wahab yang menerima anugerah The Order of the Sacred Treasure Gold and Silver Rays atas kontribusinya dalam kegiatan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia