Sukses

Seperti Ini Kecanggihan Jet Tempur F-16 Generasi Baru

Simulasi cockpit pesawat tempur F-16 Block 72 hadir di Jakarta. Kehadiran simulator merupakan kerjasama kedutaan AS dan Lockheed Martin.

Liputan6.com, Jakarta - Simulasi kokpit pesawat tempur super canggih F-16 Block 72 hadir di Jakarta. Kehadiran simulator yang dipamerkan di pusat kebudayaan Amerika Serika @america merupakan hasil kerja sama Kedutaan AS di Jakarta dan pabrikan Lockheed Martin.

Menurut Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr, pabrikan Lockheed Martin punya alasan khusus kenapa membawa simulator itu ke Indonesia. Mereka ingin merasakan kehebatan F-16 generasi 1.5 tercanggih tersebut.

"Lockheed Martin memang sengaja membawa simulator ke Indonesia agar bisa dicoba oleh masyarakat di sini," ucap Donovan beberapa waktu lalu.

Dia menginginkan, adanya simulator itu dapat mendorong niat lebih besar dari bangsa Indonesia untuk belajar mengenai avisasi militer.

"Banyak peluang dan lapangan kerja di bidang ini. Belajar soal aviasi di Amerika juga sangat bagus, karena kami memiliki pendidikan yang bagus," ucapnya.

Di samping itu, kehadiran simulator tersebut menunjukkan, betapa eratnya hubungan AS dan Indonesia di bidang kerjasama antar Angkatan Udara (AU).

Donovan mencontohkan, eratnya hubungan terbukti dengan AS dan Indonesia sama-sama menggunakan jet tempur yang sama, yaitu F-16.

Oleh sebab itu, ke depannya, hubungan yang sudah erat itu diharapkan tidak berhenti sampai titik ini saja. Diharapkan, penguatan relasi kedua negara di tingkatan lebih lanjut bisa terwujud di masa mendatang.

"Kami fokus juga di kerja sama strategis dengan Indonesia di bidang ini dan juga pertukaran di bidang pendidikan soal bidang ini," papar Donovan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.