Sukses

Tahun Emas ASEAN, Menlu dari 27 Negara Hadir di Filipina

Pertemuan SEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM) rencananya digelar dari 2 sampai 8 Agustus.

Liputan6.com, Manila - Menteri luar negeri dari 27 negara berkumpul di Manila dalam ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM). Pertemuan tersebut akan diadakan di Philippine International Convention Center (PICC) dari 2 hingga 8 Agustus 2018.

Selain AMM ke-50, sejumlah pertemuan yang akan dilakukan adalah ASEAN Plus Three (APT) dan East Asia Summit (EAS), baik tingkat pejabat tinggi (Senior Officials' Meeting, SOM) maupun menteri luar negeri (Foreign Ministers' Meeting, FMM), serta ASEAN Regional Forum (ARF) ke-24.

Seperti yang disebutkan dalam siaran media ASEAN 50, Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter S. Cayetano, akan memimpin AMM Plenary dan Retreat, APT FMM ke -18, EAS FMM ke-24, dan ARF Plenary dan Retreat.

Kesepuluh Menteri Luar Negeri ASEAN, juga akan mengadakan pertemuan secara individual dengan 10 Mitra Wicara ASEAN pada Post Ministerial Conferences (PMC).

Sepuluh Mitra Wicara ASEAN adalah Australia, Kanada, China, Uni Eropa, India Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan di Manila, ASEAN juga akan merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun. Perayaan tersebut akan diadakan di Philippines International Convention Center (PICC) pada 8 Agustus 2017.

Di bawah kepemimpinan Filipina untuk ASEAN pada tahun ini, tema yang diusung adalah 'Partnering for Change, Engaging the World'.

Dengan tema tersebut, para menteri akan mengutamakan peninjauan kemajuan dan arah masa depan dalam upaya membangun masyarakat ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini