Sukses

Begini Kondisi Tengkorak Pengemudi yang Tak Pakai Sabuk Pengaman

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kita diminta untuk memasang sabuk pengaman ketika berkendara dalam mobil, hal itu bukan tanpa alasan.

Baru-baru ini, beredar gambar pemindaian CT terhadap seorang wanita Amerika Serikat (AS) yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Ia tidak mengenakan sabuk pengaman dan menanggung akibat yang mengerikan.

Ketika terjadi kecelakaan, wanita itu terlempar ke kaca depan mobil sehingga tengkoraknya remuk.

Hasil-hasil pemindaian tengkorak wanita berusia 25 tahun itu mengungkapkan kondisi tulang kepalanya yang penuh retakan, demikian juga dengan dagu atas dan bawah yang saling merenggang.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (3/8/2017), selain dagu yang berantakan, pemindaian menunjukkan ada beberapa serpihan tulang yang masih berserakan dalam tengkorak.

Bukan hanya itu, ia juga menderita cedera parah pada matanya. Para dokter bedah mendapati matanya terdesak hingga masuk ke rongga hidung.

Ketika terjadi kecelakaan, wanita itu terlempar ke kaca depan mobil sehingga tengkoraknya remuk di berbagai tempat. (Sumber Figure 1)

Pasien yang juga mengalami cedera traumatis pada otaknya itu pun memerlukan pembedahan berjam-jam lamanya untuk rekonstruksi.

Seorang ahli bedah optalmologi mengunggah sejumlah hasil pemindaian ke situs kedokteran Figure 1 yang memperbolehkan para profesional mengunggah kasus pasien mereka secara anonim.

Ia menjelaskan, "Penanganan trauma mengungkapkan adanya cedera traumatis pada otak dengan pendarahan intracranial (dalam tengkorak), cedera traumatik mata yang memerlukan enukleasi (pencongkelan), dan retak parah pada wajah."

"Pemindaian CT ini menunjukkan rekonstruksi lengkap pada wajahnya. Terima kasih kepada tim multidisiplin yang gigih, pasien itu sekarang dalam perawatan dan pulih dengan baik."

Ketika terjadi kecelakaan, wanita itu terlempar ke kaca depan mobil sehingga tengkoraknya remuk di berbagai tempat. (Sumber Figure 1)

Foto-foto itu sebenarnya diunggah pada 2015, tapi baru disebarkan di Imgur dan Reddit pada minggu ini. Para pengguna menyampaikan kekaguman pada keahlian para dokter.

Seorang pengguna Reddit mengatakan, "Benar-benar spektakuler. Kedokteran paling mumpuni."

Seorang pengguna lain yang bekerja sebagai bidan menuliskan, "Pekerjaan yang hebat. Penghargaan setulusnya kepada para pelaku rekonstruksi."

"Tugas seperti itulah yang membuat pelatihan yang panjang menjadi sepadan."

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Instalasi Audio Mobil yang Aman