Sukses

Detik-Detik Bangkai Jet Tempur Perang Dunia II 'Hidup Kembali'

Liputan6.com, San Marcos - Sebuah pesawat bomber Boeing B-29 Superfortress yang diberi nama kesayangan "FiFi" akhirnya kembali mengangkasa setelah mengalami restorasi. Semasa Perang Dunia II, pesawat itu berpangkalan di Kansas sejak mulai dinas pada 1945.

Superfortress dengan nomor seri 44-62070 itu dibuat oleh perusahaan Boeing di pabrik Renton, negara bagian Washington. Setelah perang usai, pesawat itu diubah menjadi pesawat administratif.

Namun demikian, pesawat itu tidak bisa terus diterbangkan. Pada 1953, ia kembali diterbangkan dan dihentikan dari tugas pada 1958.

Dikutip dari warhistoryonline.com pada Rabu (2/8/2017), beberapa tahun lalu, sebuah kelompok bernama Commemorative Air Force (CAF) mencari-cari beberapa B-29.

Mereka pernah mengajukan permintaan kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) dan dijanjikan akan mendapatkannya jika pemerintah berhasil menemukan pesawat itu.

Pada 1971, seorang pilot CAD sedang terbang di atas gurun California. Saat itu ia melihat beberapa pesawat di darat yang diduga B-29. Ia kemudian memastikan bahwa yang dilihatnya memang sekelompok B-29.

Pesawat-pesawat itu diparkir di Pusat Senjata Angkatan Laut (Navy) AS di China Lake selama 17 tahun. Kondisinya buruk karena sengatan panas, pasir, dan dirusak. Bahkan ada yang dijadikan sasaran latihan menembak.

Salah satu pesawat terbengkalai itu adalah FiFi dengan nomor seri 44-62070.

Tampak dalam kokpit Boeing B-29 Superfortress bernama FiFi. (Sumber Flickr/Andrew Kalat)

Setelah 9 minggu, FiFi akhirnya bisa diterbangkan dari China Lake. Selama 3 tahun kemudian, restorasi dilanjutkan menggunakan suku cadang dari beberapa pesawat B-29 lain.

Setelah siap, FiFi diterbangkan ke pangkalan CAF di Texas dan sejak saat itu selalu menjadi pusat perhatian para pengunjung pameran dirgantara di seluruh AS.

 

Saksikan juga video penerbangan FiFi berikut ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
6-9-1915: Untuk Pertama Kali Prototipe Tank Diproduksi