Sukses

Pangeran Philip Mundur dari Tugas Kerajaan Inggris Pekan Ini

Liputan6.com, London - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II dari Inggris, dilaporkan akan mundur dari sejumlah tugas kerajaan pekan ini, pada usia 96 tahun.

Selama menjadi anggota kerajaan Britania Raya, pria bergelar Duke of Edinburgh itu telah tampil solo pada sejumlah tugas publik monarki sebanyak 22.000 kali.

Mantan perwira angkatan laut Inggris berpangkat kapten pada Perang Dunia II itu dijadwalkan akan menghadiri parade Royal Marines di Istana Buckingham pada Rabu, 2 Agustus 2017. Menurut laporan, perhelatan itu menjadi tugas terakhir kerajaan bagi sang pangeran untuk tampil di publik secara solo. Demikian seperti yang dilansir dari Channel News Asia, Selasa (1/8/2017).

"(Kegiatan itu) menutup tugas publik individu yang akan dihadiri oleh pangeran. Namun ia tetap bisa datang ke sejumlah acara sebagai pendamping ratu," kata juru bicara kerajaan kepada Agence France Presse (AFP).

Sang pangeran merupakan pucuk anggota monarki yang paling lama menjabat dalam sejarah kerajaan Britania Raya. Menurut catatan, ia telah melaksanakan tugas kerajaan sebanyak 22.219 kali, 637 kunjungan luar negeri, dan 5.496 pidato secara solo sejak 1952.

Tugas itu diemban oleh sang Duke of Edinburgh menggantikan ayah Ratu Elizabeth II, Raja George VI, yang tutup usia pada 1952.

Saat ini, Pangeran Philip dikabarkan masih dalam kondisi yang cukup sehat untuk ukuran pria seusianya. Meski begitu, pada Juni lalu, ia sempat dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan akibat penyakit infeksi.

Sejak beberapa tahun terakhir, Duke of Edinburgh dan Ratu Elizabeth II telah mengurangi porsi tugas publiknya. Tugas itu sedikit demi sedikit tampak mulai diserahkan kepada pewaris takhta Pangeran Charles dan anaknya, Pangeran William.

Saksikan juga video berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.