Sukses

Salah Menuduh Donald Trump Tak Peka, JK Rowling Minta Maaf

JK Rowling seketika jadi sorotan pengikut Twitternya. Warganet mengomentari ada kesalahan. Bukan pada Trump, melainkan pada Rowling sendiri.

Liputan6.com, Washington D.C - Penulis novel serial Harry Potter, JK Rowling, menyampaikan permintaan maafnya atas tudingannya terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ucapan itu ia sampaikan setelah salah menuduh Trump yang dianggap mengabaikan seorang anak berkebutuhan khusus.

Dilansir dari laman BBC, Selasa (1/8/2017), dalam sebuah video yang beredar luas, tampak Presiden Trump menolak jabatan tangan dari seorang bocah yang kala itu hadir di Gedung Putih.

"Betapa menakjubkan dan betapa mengerikan, ketika melihat Trump yang tak mau mengulurkan tangannya untuk seorang anak berkebutuhan khusus yang tampak ingin meraihnya," kata JK Rowling.

Pernyataan penulis tersebut seketika jadi sorotan pengikut Twitternya. Tak seperti biasanya, beberapa warganet mengomentari ada kesalahan. Bukan pada Trump, melainkan pada Rowling sendiri.

Ditambah lagi pernyataan khusus dari Marjorie Kelly Weer -- ibu dari anak tersebut -- yang mengatakan, interpretasi Rowling terhadap rekaman video itu salah.

Permintaan maaf JK Rowling (Twitter/@jk_rowling)

Untuk itu, Rowling kembali angkat suara dengan menyampaikan klarifikasinya melalui Twitter.

"Beberapa sumber telah memberi tahu saya bahwa itu bukan representasi penuh yang akurat dari interaksi mereka," tulis @jk_rowling.

Permintaan maaf JK Rowling (Twitter/@jk_rowling)

"Sangat jelas, saya diproyeksikan oleh kepekaan saya sendiri terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Apabila ucapan saya ini menyebabkan kekisruhan dan ada kesalahan saya meminta maaf sebesar-besarnya," tambah @jk_rowling.

Meski begitu, pernyataan Rowling ini tak secara langsung ditujukan kepada Trump, tetapi mengarah ke arah sana.

Permintaan maaf JK Rowling (Twitter/@jk_rowling)

Sebelumnya, Kelly Weer menulis sebuah pernyataan di akun Facebooknya.

"Jika seseorang dapat menyampaikan pesan kepada JK Rowling tolong sampaikan jika Trump tidak menghina anak laki-laki saya. Reaksi yang ditunjukkan oleh Monty bukan ingin menjabat tangan, melainkan terlalu bersemangat ketika melihat Trump," tulis Kelly Weer.

Kini, kicauan pertama JK Rowling yang menuding Trump tampaknya telah dihapus karena tak tertera di laman Twitternya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.