Sukses

Bulu Burung hingga Cerutu, Ini 10 Benda Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta -  

Ada sejumlah fakta yang tak dapat dipungkiri, bahwa barang-barang antik seperti permata atau emas memiliki harga tinggi.

Namun, di lain pihak, ada barang-barang biasa di sekitar kita memiliki harga jual tinggi.

Contohnya, benda seperti cerutu, buku, papan catur, piano dan lainnya. Mereka memiliki harga yang terjangkau namun juga beberapa koleksi memiliki harga yang tinggi.

Tapi jangan salah, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek untuk membeli barang tersebut dengan harga tinggi. Alasannya, benda itu merupakan koleksi berharga.

Dikutip dari wonderslist.com pada Kamis (27/7/2017), berikut ini adalah sejumlah benda biasa, tapi bernilai luar biasa:

1 dari 11 halaman

1. Sehelai Bulu Burung (US$ 10 Ribu)

Burung Huia (Heteralocha acutirostris) yang sudah punah. (Sumber Wikimedia Commons)

Fakta yang satu ini mungkin tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang, tapi ada sehelai bulu yang harganya bisa mencapai US$ 10 ribu. Bagi sebagian orang, sehelai bulu burung tidak bernilai dan dianggap sebagai benda remeh.

Bulu yang satu ini adalah bulu paling mahal sedunia dan berasal dari burung Huia di Selandia Baru. Burung itu sudah punah, dan harga selangit saat lelang berkaitan dengan kenyataan bahwa burung itu sudah punah.

2 dari 11 halaman

2. Cerutu Gurkha (US$ 1.150 per Batang)

Cerutu langka Gurkha Black Dragon. (Sumber Pinterest)

Cerutu adalah gulungan daun tembakau berbentuk tabung untuk dibakar seperti rokok. Cerutu biasanya dikemas dalam kotak kayu. Harga terendah di pasar biasanya kurang dari US$ 1 per batang.

Tapi sebatang cerutu Gurkha Black Dragon dihargai US$ 1150. Cerutu keluaran 2006 itu adalah yang paling mahal di Honduras dan seluruh dunia. Kotak penyimpannya pun terbuat dari tulang onta.

Namun demikian, para penggemar cerutu bisa kecewa karena cerutu ini hanya diproduksi 5 kotak saja.

3 dari 11 halaman

3. Kamar Hotel (US$ 65 Ribu/Malam)

Royal Suite Bedroom Hotel President Wilson di Jenewa, Swiss. (Sumber Hotel President Wilson)

Kalau membahas tentang hotel, maka Las Vegas di Amerika Serikat paling terkenal dengan hotel-hotel dan perumahannya. Di kota itu terdapat 10 hotel terbesar sedunia.

Harga sewa berkisar antara US$ 20 hingga 2.000 per malam, bergantung kepada jumlah bintang untuk hotel tersebut. Bintang adalah ukuran tingkat fasilitas yang disediakan oleh sebuah hotel.

Tapi, sewa termahal kamar hotel adalah Royal Penthouse Suite yang ditawarkan di Hotel President Wilson, Jenewa, Swiss. Dalam hotel termahal sedunia itu, hanya ada 10 kamar sejenis dengan harga sewa US$ 65 ribu per malam.

4 dari 11 halaman

4. Telepon Seluler Rancangan Khusus (US$ 2,97 juta)

Perangkat iPhone dengan hiasan oleh Stuart Hughes. (Sumber Stuart Hughes Collection)

Telepon seluler telah menjadi perangkat yang lazim di masa kini dan bahkan dipakai oleh anak-anak. Harga perangkat itu berkisar antara US$ 20 hingga 2.000.

Tapi, iPhone 3GS mendapat sentuhan istimewa dari perancang Stuart Hughes. Harga pasar untuk perangkat iPhone 3GS Supreme Rose itu sekitar US$2,97 juta.

Bayangkan betapa hati-hatinya memakai telepon itu di tempat ramai.

5 dari 11 halaman

5. Piano Kristal (US$ 3,22 juta)

Piano buatan Heintzman Crystal. (Sumber Pinterest)

Piano sebenarnya merupakan alat sederhana yang menggunakan pemukulan jejeran senar untuk menghasilkan bunyi dengan nada-nada berbeda. Piano yang biasa saja harganya mungkin hanya US$ 150, tapi lain ceritanya dengan piano berbahan kristal.

Piano Heintzman Crystal yang dibuat di Beijing, China, harganya sekitar US$ 3,22 juta. Panjangnya 2,7 meter dan ada saja orang yang sanggup membeli dalam suatu lelang.

6 dari 11 halaman

6. Arloji (US$ 25 Juta)

Haute Joaillerie buatan Chopard. (Sumber Stuff Point)

Arloji atau jam tangan adalah alat penunjuk waktu yang biasanya dipasang di pergelangan tangan. Harganya pun beragam, mulai dari yang amat terjangkau dan yang cukup mahal sebagai karya seni.

Tapi, ada juga jam tangan yang berharga hingga US$ 25 juta. Arloji termahal sedunia itu adalah Haute Joaillerie buatan Chopard. Alat itu dibuat bertaburan permata berkilau.

Tapi, selain taburan permata, kegunaannya sama dengan jam tangan pada umumnya. Ya, hanya sebagai penunjuk waktu.

7 dari 11 halaman

7. Perangkat Televisi (US$ 2,3 Juta)

Di masa kini, televisi sudah menjadi benda lumrah dalam rumah tangga. Perangkat itu hadir dalam berbagai ukuran, mutu, dan harga.

Tapi, harga perangkat bernama Prestige HD Supreme Rose Edition ini mencengangkan – senilai US$ 2,3 juta.

Keistimewaannya adalah karena televisi itu dibungkus dengan kulit buaya yang dijahit tangan yang dipadu dengan taburan berlian. Dengan demikian, televisi itu bisa dipandangi dalam keadaan menyala ataupun mati.

8 dari 11 halaman

8. Lahan Real Estate (US$ 1200 per Meter Persegi)

Tower of Tokyo. Foto: Wikipedia

Harga-harga lahan tentu saja berbeda dari satu wilayah ke wilayah lain. Ada daerah yang harga lahan sangat murah, misalnya di tempat yang lingkungannya kurang bersahabat.

Tapi, harga lahan di Tokyo, Jepang, bisa mencapai US$ 1200 per meter persegi karena Tokyo adalah kota dengan kepadatan penduduk tertinggi sedunia.

Keinginan membeli lahan di Tokyo hampir seperti mustahil karena harganya terus meroket hari demi hari.

Sekitar 10 tahun sebelumnya, London menjadi kota paling mahal sedunia menurut perhitungan rata-rata harga lahan. Pada 20 tahun lalu, peringkat itu diduduki oleh Paris.

Sekarang, tiga kota termahal sedunia ada di Jepang.

9 dari 11 halaman

9. Kamera (US$ 775 Ribu)

Kamera bersejarah Susse Frére Daguerreotype buatan 1839. (Sumber Wikimedia Commons)

Selain televisi dan telepon genggam, kamera juga menjadi perangkat yang semakin lazim dimiliki orang. Harganya pun ada yang hanya US$ 30.

Namun demikian, ada juga kamera seharga US$ 775 ribu. Kamera Susse Freres Daguerreo buatan 1839 itu sekaligus menjadi kamera komersial termahal sedunia.

Kamera itu memiliki riwayat panjang dalam pengambilan gambar sehingga meningkatkan nilai dan harganya ketika dilelang secara tertutup pada 2007.

10 dari 11 halaman

10. Perangkat Permainan Catur (US$ 600 Ribu)

Catur bertatahkan berlian. (Sumber Charles Hollander Collection)

Permainan catur dianggap sebagai raja segala permainan dan permainan para raja. Permainan dilakukan pada papan catur berisi 64 kotak persegi dengan 2 warna berselang-seling.
Ada 32 anak catur untuk 2 pemain. Anak catur itu terdiri dari raja, ratu, perdana menteri, kuda, benteng, dan prajurit.

Permainan ini cukup lama dikenal, menyebar luas, dan harganya tidak terlalu mahal karena sudah dianggap benda biasa.

Walaupun demikian, ada saja perangkat permainan catur kelas mewah dengan harga US$ 600 ribu, yaitu perangkat yang dibuat oleh Charles Hollander. Anak catur terbuat dari permata hitam dan putih berukuran 0,32 karat.

Tapi gelar sebagai perangkat permainan catur termahal sedunia diduga akan segera beralih kepada perangkat permainan catur buatan Jewel Royale seharga US$ 980 ribu seandainya perangkat permainan baru itu memang jadi diproduksi.

  • Swiss ialah sebuah negara federal di Eropa
    Swiss ialah sebuah negara federal di Eropa
    Swiss
  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini
Artikel Selanjutnya
Versi Mini, 3 Hewan Ini Memiliki Ukuran Tubuh Terkecil di Dunia