Sukses

Kebakaran Melanda Prancis Selatan, 10 Ribu Warga Dievakuasi

Pada Selasa 25 Juli 2017, lebih dari 4.000 petugas pemadam kebakaran dan tentara yang dibantu 19 bom air telah berusaha memadamkan api.

Liputan6.com, Corsica - Sedikitnya 10 ribu orang terpaksa untuk mengungsi setelah kebakaran merambat ke sebuah hutan di Prancis Selatan. Sejak Senin 24 Juli 2017 lalu, api telah berkobar di kawasan di sekitarnya.

Kebakaran teranyar kali ini terjadi sehari setelah Prancis meminta bantuan dari seluruh negara Eropa untuk mengatasi api yang telah mengamuk di selatan, termasuk di dekat resor populer Saint-Tropez.

"Evakuasi, setidaknya terhadap 10 ribu orang, dilakukan setelah melihat perkembangan menjalarnya api. Ini adalah area yang pada musim panas dipenuhi oleh para pengunjung dan turis," kata pejabat pemadam kebakaran di dekat kawasan Bormes-les-Mimosas di perairan Mediterania, seperti dikutip dari The Guardian pada Rabu (26/7/2017).

Jumlah orang di Côte d’Azur, Prancis meningkat pada bulan Juli dan Agustus karena banyak pengunjung dan turis ke pantai.

Kawasan itu memiliki kecenderungan terik luar biasa pada musim panas yang kering sehingga membuatnya rentan terbakar.

Pada Selasa 25 Juli 2017, lebih dari 4.000 petugas pemadam kebakaran dan tentara yang dibantu 19 bom air telah berusaha memadamkan api.

Kebakaran pada Selasa itu menghanguskan hutan dan semak seluas 4.000 hektare di sepanjang pantai Mediterania menuju Corsica.

Corsica, yang berada antara Prancis dan Italia mengalami kerusakan parah. Beberapa rumah terancam hangus terbakar.

Dalam upaya pemadaman api di Prancis Selatan semenjak Senin lalu, setidaknya 12 petugas pemadam kebakaran terluka. Sementara, 15 anggota polisi terdampak asap kebakaran.

 

Saksikan video kebakaran yang melanda Portugal pada pekan lalu:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.