Sukses

'Menunda Kiamat'...Ini 7 Keuntungan Rusia Punya 11 Zona Waktu

Liputan6.com, Moskow - Wilayah Rusia terbentang seluas 17 juta kilometer persegi. Karena itu, mencocokkan waktu saat Anda keliling Negeri Beruang Merah bisa menjadi sedikit merepotkan.

Namun, hal ini ternyata memiliki beberapa manfaat, terutama jika Anda tinggal di dekat batas zona waktu.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Rabu (26/7/2017), berikut 7 keuntungan tinggal di Rusia:

1. Matahari terbit lebih awal dari 'Negeri Matahari Terbit'

Ilustrasi matahari. (kingofwallpapers.com)

Jepang boleh dijuluki Negeri Matahari Terbit, tetapi sebenarnya Rusia lebih pantas untuk menyandang gelar tersebut. Di Petropavlovsk-Kamchatsky, matahari terbit dua jam lebih awal dari Tokyo.

2. Menulis surat ke masa lalu dan masa depan

Ilustrasi Foto Surat Cinta (iStockphoto)

Selain itu, manfaat lain yang dapat kita rasakan adalah dapat menulis surat dari masa lalu ke masa depan.

Salah satu pengalaman yang pernah dirasakan Yulia, warga Primorsky Krai adalah berbalas surat dari masa depan ke masa lalu.

"Saya lahir tak jauh dari Vladivostok dan kemudian pindah ke St Peterburg untuk melanjutkan sekolah. Perbedaan waktu antara kedua kota ini adalah tujuh jam. Teman-teman saya (di Vladivostok) menulis surat kepada saya ke masa lalu, sedangkan saya menulis surat kepada mereka ke masa depan," ujar Yulia.

"Hari yang saya sebut besok, biasanya mereka sebut hari ini. Saya selalu mengejek teman-teman saya di Vladivostok karena ketika tahun ajaran baru dimulai pada September, cuaca di Vladivostok semakin dingin, tapi di Sankt Peterburg adalah akhir musim panas. Jadi, saya tetap bisa menikmati udara yang hangat," tambahnya.

3. Merayakan Tahun Baru 11 Kali

Ilustrasi tahun baru

Keuntungan lainnya yang juga disampaikan oleh Ilona, warga Moskow. Ia menceritakan tentang pengalaman merayakan tahun baru sebelas kali.

"Pada 2016, saya merayakan Tahun Baru bersama teman-teman saya yang tersebar di seantero negeri melalui Skype. Kami memulai perayaan pada pukul 15.00 waktu Moskow dan terus merayakannya selama sebelas jam. Saya tidak pernah berpesta selama ini sebelumnya," ujar Ilona.

4. Waktu Luang

Baca tiga berita populer yang terangkum selengkapnya dalam top 3 Lifestyle malam ini, Sabtu (22/7/2017).

Merasakan waktu yang cukup luang juga dapat Anda rasakan ketika tinggal di Rusia.

Butuh waktu delapan jam untuk terbang dari Vladivostok ke Moskow. Namun, jika Anda berangkat pukul 19.00, Anda akan mendarat pukul 20.00 pada hari yang sama --- karena perbedaan waktu.

Jadi, Anda memiliki delapan jam waktu luang untuk dinikmati.

5. Menunda Kiamat

Ilustrasi Hari Kiamat (iStock)

Seorang warga berna Yulia mengatakan, banyak yang mengatakan jika tahun 2012 adalah saat dimana kiamat akan datang -- meski ramalan itu terbukti gagal total.

Karena memiliki perbedaan zona waktu sebanyak 11 kali ia dan teman-temannya dapat memalsukan hari atau menunda kiamat sebanyak 11 kali. 

6. Menyeberangi 'jembatan terpanjang di dunia'

Ilustrasi Foto Jembatan Timbang (iStockphoto)

Anna, warga Bavly di Republik Tatarstan mengatakan tempat tinggalnya adalah kota kecil yang tak ramai. Industrinya pun tidak terlalu berkembang.

"Karena itulah, kami pindah ke kota tetangga, Oktyabrsky di Republik Bashkortostan," kata dia.

Kedua republik tersebut terhubung oleh sebuah jembatan yang membelah Sungai Ik.

"Kami sering bercanda dan menyebutnya sebagai 'jembatan terpanjang di dunia'. Sebetulnya, jembatan ini tidak lebih dari sepuluh meter, tapi secara teknis butuh waktu dua jam untuk menyeberang karena perbedaan waktu. Ini seperti perjalanan ke masa depan," kata dia.

7. Bocoran Acara Televisi

Ilustrasi remote televisi

Sementara itu keuntungan lain tinggal di Rusia juga diungkap oleh Daria, warga Vladivostok.

Daria mengatakan, sangat menyukai menonton kartun anime. Namun akibat perbedaan zona waktu, hampir mustahil menjadi yang pertama kali menonton di Vladivostok.

Ketika ia bangun pagi, Daria sering kali mendapat cerita bocoran tentang film yang akan ia saksikan.

Maka dari itu, ia menyimpulkan akan ada banyak bocoran acara televisi yang dapat kita dapatkan apabila tinggal di Rusia.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Stephen Hawking Ingin Bulan Jadi Pemukiman Manusia
Artikel Selanjutnya
Negaranya Dikucilkan, Ini Curhat Bos Qatar Airways