Sukses

Tur ke Stasiun Antariksa Internasional Lewat Google Street View

Liputan6.com, Mountain View - Jika Anda berkeinginan untuk merasakan sensasi berada di dalam sebuah pesawat angkasa luar tapi tak ingin meninggalkan kenyamanan dan keamanan yang ada di Bumi, Google Street View punya jawabannya.

Baru-baru ini, fitur Google itu membuat kita dapat menjelajah International Space Station (ISS) atau Stasiun Angkasa Luar langsung dari komputer.

Melalui Google Street View, kita bisa melihat bagian-bagian yang terdapat di ISS, dari tempat tidur astronot hingga ruang kendali. Ini merupakan kali pertama Google Street View berkelana di luar Bumi.

Selain itu, untuk pertama kalinya juga terdapat titik-titik kecil yang jika diklik akan menampilkan catatan berupa informasi terkait. Catatan tersebut menjelaskan hal-hal seperti tempat olahraga dan jenis makanan astronot.

Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). (Google Street View)

Gambar 360 derajat tersebut tak bisa dibuat dengan menggunakan metode yang biasa digunakan Google Street View. Oleh karena itu, Google bekerja sama dengan NASA dan Marshall Space Centre untuk membuat "metode anti-gravitasi" untuk mengumpulkan gambar menggunakan kamera DSLR dan peralatan yang telah ada di ISS.

Astronot European space agency (ESA) di ISS, Thomas Pesquet, mengumpulkan foto di angkasa luar dan mengirimnya ke Bumi, di mana gambar-gambar itu disatukan untuk menciptakan panorama.

"Kami mengalami banyak gangguan sebelum mengumpulkan gambar final yang saat ini dapat kamu lihat di Street View. Peralatan teknis ISS berada di seluruh permukaan, dengan beragam kabel dan tata letak yang rumit serta ruangan yang meluncur ke segala arah--kiri, kanan, atas, bawah," tulis Pasquet di blog Google.

"Ada banyak hambatan di sana, dan kami memiliki waktu terbatas untuk menangkap gambar, jadi kami harus yakin bahwa pendekatan kami akan berhasil. Oh, dan di sana tidak ada gravitasi," imbuh dia.

 

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
2019, Astronot Bulan Bisa Telepon ke Bumi
Artikel Selanjutnya
F1 Singapore, Perpaduan Balap Jet Darat Dan Konser Musisi Dunia