Sukses

7 Penampakan Menyeramkan yang Berhasil Ditangkap Google Earth

Sebagai aplikasi dengan program globe virtual, Google Earth dapat menangkap gambaran suasana pada suatu tempat.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman serba modern, masyarakat dunia telah dipermudah dengan kemajuan teknologi. Kemudahan mengakses informasi bisa didapat dengan satu kali 'klik' saja. Kecepatan dalam mengakses informasi tersebut juga ditandai dengan lahirnya fitur-fitur baru dalam ponsel pintar.

Dunia dalam genggaman, begitulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi saat ini. Dari sekian banyak fitur-fitur menarik, ada salah satu aplikasi yang memudahkan masyarakat mengetahui sebuah lokasi dengan tampilan virtual yaitu Google Earth.

Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut 'Earth Viewer' yang dibuat oleh Keyhole. Aplikasi ini dapat memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.

Aplikasi ini tersedia dalam tiga lisensi berbeda. Diantaranya Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas. Google Earth Plus, yang memiliki fitur tambahan dan Google Earth Pro, yang digunakan untuk penggunaan komersial.

Google Earth adalah cara yang menakjubkan untuk melihat hampir semua tempat di planet ini menggunakan teknologi radar. Meski begitu, ada beberapa hal aneh dan menyeramkan yang sempat tertangkap oleh satelit beberapa lokasi di seluruh dunia.

Mulai dari penampakan menyeramkan, penyergapan seorang penjahat atau adegan kekerasan.

Seperti dikutip dari laman The Richest, Jumat (21/7/2017), berikut tujuh penampakan menyeramkan yang berhasil ditangkap Google Earth:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Crop Circle?

Selama ini, kita kerap mendengar penemuan pola crop circle terjadi di atas sebuah lahan yang dipenuhi oleh rerumputan liar. Hingga kini, fenomena crop circle masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Penampakan Crop Circle (Google Earth)

Fenomena crop circle pun juga kerap dikaitkan dengan kedatangan makhluk asing luar angkasa yaitu alien. Pola-pola teratur itu disebutkan terbentuk karena kehadiran alien yang datang menggunakan UFO.

Namun, beda kasus dengan yang terjadi di China. Bukan di lahan yang dipenuhi rerumputan, melainkan di atas gurun pasir.

Pola-pola teratur ini secara tak sengaja tertangkap oleh satelit Google Earth. Bentuknya unik, mulai dari pola lingkaran kecil dan lingkaran besar. Banyak masyarakat yang dibuat terheran-heran akan penampakan tersebut. Ada yang mengatakan itu hanya sebuah tipuan dan ada pula yang beranggapan itu pertanda kedatangan alien.

3 dari 8 halaman

2. Sapi Terluka

Penampakan sapi terluka (Google Earth)

Penampakan seekor sapi yang diduga tengah terluka membuat banyak orang prihatin. Google Earth berhasil menangkap seekor sapi yang sedang merangkak ke sisi jalan dan mengalami luka parah.

Sulit untuk mengetahui apa penyebabnya. Namun, banyak dari mereka yang mengartikan bahwa sapi itu mengalami permasalahan dengan kakinya. Tak hanya itu, ada yang beranggapan bahwa si sapi mengalami dehidrasi karena kondisi cuaca pada gambar terlihat panas dan gersang.

Spekulasi lain mengatakan, sapi itu menjadi korban pemburu liar dan korban tabrak lari oleh sebuah truk. Hingga kini tak ada yang dapat memastikan bagaimana kondisi sapi itu. Pengguna Google Earth hanya mampu mendoakannya saja.

4 dari 8 halaman

3. Sepasang Kembar Aneh

Penampakan remaja kembar (Google Earth)

Tampilan yang berhasil ditangkap oleh Google Earth ini tak menampilkan sesuatu hal yang mengancam, seperti senjata atau peperangan. Melainkan, tampilan sepasang remaja yang dikira lahir secara kembar. Namun, banyak yang mengira ada hal aneh dalam foto tersebut.

Pasalnya, kedua remaja laki-laki itu berpose dengan posisi yang sangat mirip. Hampir tak ada celah yang dapat membedakan kedua anak tersebut. Jika mereka memang kembar, publik merasa tak akan begitu sama cara berdiri dan pandangannya.

Hal ini kemudian menimbulkan reaksi dari banyak orang. Bisa jadi foto itu adalah hasil dari bias kamera yang menghasilkan gambar yang sama.

5 dari 8 halaman

4. Kantung Mayat

Penampakan kantong mayat (Google Earth)

Salah satu kejadian menyeramkan yang tertangkap oleh Google Earth adalah kasus kecelakaan maut yang mengakibatkan korban tewas. Tragedi menyeramkan ini terjadi di sebuah jalan raya yang tak disebutkan lokasinya.

Dari gambar tersebut, Anda dapat melihat jelas gambaran suasana pasca-kecelakaan. Namun, kecelakaan ini dinilai tak lazim. Pasalnya, tak ada bekas tabrakan pada mobil.

Semua orang yang berada dilokasi kejadian pun seperti biasa-biasa saja. Tatapannya menunjukkan jika kejadian itu bukanlah sesuatu hal yang serius.

Spekulasi lain mengatakan, hal ini hanyalah semua set dalam produksi film. Bisa jadi sutradara film itu sengaja menutup jalan agar kejadian terlihat lebih natural.

6 dari 8 halaman

5. Adegan Kejahatan

Penampakan adegan kejahatan (Google Earth)

Kali ini, fitur Google Earth menangkap adegan kejahatan. Banyak yang bertanya-tanya, apakah gambaran itu benar apa adanya atau hanya sebuah rekayasa.

Terlihat seorang pria yang tengah memegang pistol kecil sambil mencengkeram leher seorang wanita dengan tangan kirinya. Selain itu, tampak pula pria berbaju hitam yang tengah menunggu sambil membuka bagasi mobil di bagian belakang.

Banyak yang menilai itu adalah asli dan benar-benar telah terjadi kasus kejahatan.

7 dari 8 halaman

6. Berkelahi di Tengah Jalan Raya

Penampakan berkelahi di tengah jalan raya (Google Earth)

Gambar ini dianggap mengandung unsur kekerasan. Terlihat seorang wanita berbaju hitam sedang menjambak rambut wanita lain yang terbaring di tengah jalan. Mulanya, banyak yang mengira ini adalah lelucon.

Namun, saat diperhatikan baik-baik, seperti ada adegan kekerasan yang tergambar di sana.

Meski begitu, masih ada saja yang memandang dari sisi lain. Sebagian menilai foto tersebut menunjukkan, seorang wanita sedang menjerat seorang wanita yang telah meninggal.

8 dari 8 halaman

7. Cumi-Cumi Raksasa

Penampakan cumi-cumi raksasa (Google Earth)

Lautan memang menyimpan banyak misteri. Kita tidak tahu pasti, apakah ada makhluk lain yang belum pernah kita ketahui atau muncul dalam buku pelajaran.

Dari tampilan satelit yang berhasil ditangkap oleh Google Earth, menunjukkan sebuah benda berbentuk cumi-cumi. Padahal foto telah diambil dari jarak yang cukup jauh, tapi tetap saja, benda itu masih terlihat besar.

Sontak gambar ini membuat banyak penafsiran. Ada yang mengira bahwa cumi-cumi ini berukuran raksasa.

Pendapat lain timbul, ada yang bilang jika benda yang semula dikira cumi-cumi raksasa itu hanyalah bangkai kapal yang telah lama tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini