Sukses

Ilmuwan Tangkap Sinyal Aneh dari Bintang Tetangga, dari Alien?

Ilmuwan yang mempelajari bintang-bintang di dekat Tata Surya kita, menangkap 'sinyal sangat aneh' dari bintang di rasi Bintang Virgo.

Liputan6.com, Arecibo - Ilmuwan yang mempelajari bintang-bintang di dekat Tata Surya kita, menangkap 'sinyal sangat aneh' dari salah satu dari benda langit itu.

Menurut astronom di Arecibo Observatory, sinyal yang hingga kini belum dapat dijelaskan itu berasal dari Ross 128, sebuah bintang kecil yang berada di Rasi Bintang Virgo.

Sinyal tersebut diyakini bukan akibat gangguan, karena ia memancarkan sinyal yang unik. Para ilmuwan mengatakan, ada tiga kemungkinan penjelasan utama atas hal itu.

Dikutip dari Independent, Selasa (18/7/2017), pertama, sinyal tersebut berasal dari bintang itu sendiri. Emisinya serupa dengan semburan Matahari.

Kedua, sinyal berasal dari benda langit lain yang berasal dari bagian langit yang sama. Ketiga, sinyal tersebut berasal dari satelit orbit tinggi yang mengorbit di sekitar Bumi.

Namun, ilmuwan mengatakan bahwa masing-masing penjelasan itu tampak tidak lengkap.

Solar flare atau jilatan api Matahari biasanya terjadi pada frekuensi yang jauh lebih rendah dibanding yang diterima dari bintang, serta tersebar jauh lebih luas dari yang diperkirakan. Para peneliti juga meyakini tidak ada benda di dekat Ross 128 yang bisa mengeluarkan sinyal semacam itu.

Namun hal itu tidak berarti bahwa para ilmuwan langsung menyimpulkan bahwa alien yang menjadi sumber sinyal itu.

"Jika Anda bertanya-tanya, hipotesis alien berada di urutan paling bahwa dari banyak penjelasan lain yang lebih baik," tulis Abel Méndez, seorang ahli astrobiologi dan direktur Planetary Habilitability Laboratory, dalam sebuah pernyataan di situs laboratoriumnya.

Para ilmuwan berharap bisa melihat lebih detail bintang tersebut dan lebih mengerti tentang sinyal dan dari mana asalnya. Para astronom akan melaporkan temuan mereka secara lebih rinci akhir pekan ini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.