Sukses

Intelijen Irak Sebut Bos ISIS Al-Baghdadi Masih Hidup di Raqqa

Liputan6.com, Baghdad - Sempat dikabarkan tewas oleh sejumlah pihak pada beberapa waktu terakhir, kini kubu Irak menyatakan bahwa bos ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi masih hidup. Pernyataan itu kini menambah riuh desas-desus obituari salah satu gembong teroris paling dicari di dunia tersebut.

Menteri Intelijen dan Kontra-Terorisme Irak, Abu Ali al-Basri mengatakan bahwa Abu Bakr al-Baghdadi masih hidup di luar kota Raqqa, Suriah. Demikian seperti yang diwartakan oleh Iraqinews.com, Minggu (16/7/2017).

Al-Basri menambahkan, "Menurut sejumlah sel pemantau dan informasi akurat yang mengawasi pergerakannya, serta laporan tim khusus Suqour Cell, pemburu dan pendeteksi pemimpin ISIS, sirkulasi kabar kematian al-Baghdadi tidaklah benar."

Sejumlah sirkulasi obituari al-Baghdadi kerap beredar di sejumlah media barat dan nonbarat. Namun, hingga kini, validitas dan konfirmasi terkait kematiannya sulit untuk dibuktikan.

Bulan lalu, Rusia mengklaim telah membunuh al-Baghdadi dalam sebuah operasi serangan udara di Raqqa, Suriah.

"Menurut sejumlah informasi dari berbagai sumber, pemimpin ISIS Ibrahim Abu Bakar al-Baghdadi, yang turut hadir di dalam pertemuan dewan pemimpin tertinggi, ikut tewas akibat serangan udara tersebut," jelas Kemhan Rusia kepada Sputnik dan dikutip dari BBC, Jumat 16 Juni 2017.

Sementara itu, Juli 2017, The Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, pihaknya telah memiliki 'informasi yang sudah dikonfirmasi' bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi telah tewas.

"Komandan ISIS yang ada di Provinsi Deir ez-Zor telah mengonfirmasi kematian Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin ISIS, kepada pihak kami," ujar Direktur The Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdurrahman, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu 12 Juli 2017.

Sementara itu, komandan tinggi Amerika Serikat di Irak dan Suriah menolak mengonfirmasi laporan terbaru yang menyebut bahwa al-Baghdadi tewas pada 11 Juli 2017.

Dilansir The Washington Times, Jenderal Stephen Townsend dari Baghdad kepada awak media di Pentagon menyatakan, saat ini laporan intelijen Amerika dan koalisi tidak dapat mengonfirmasi atau membantah bahwa al-Baghdadi masih hidup atau telah meninggal.

Selain itu, tak ada konfirmasi dan bantahan dari media atau media sosial ISIS terkait simpang-siur obituari al-Baghdadi.

Kemunculan terakhir al-Baghdadi yang jelas-jelas dapat dikonfirmasi adalah dalam video propaganda saat dirinya menisbatkan kekhalifahan Suriah dan Irak di Masjid Agung al-Nuri, Kota Tua Mosul, pada 2014. Sejak itu, bak hantu, si khalifah palsu hilang dari peredaran.

Saksikan juga video berikut ini

Artikel Selanjutnya
Militer Suriah Hancurkan Blokade ISIS di Deir al-Zour
Artikel Selanjutnya
PM Irak Umumkan Kemenangan di Tal Afar, ISIS Kian Terpojok