Sukses

Turis Tewas Terhempas Pesawat di Pantai Paling Ekstrem di Dunia

Atraksi mentonton pesawat mendarat dan lepas landas di Princess Juliana International Airport telan korban jiwa.

Liputan6.com, Karibia - Princess Juliana International Airport di Kepulauan Karibia adalah salah satu bandara paling ekstrem di dunia.

Bagaimana tidak, setiap harinya pesawat yang mendarat di bandara yang juga dikenal sebagai Saint Maarten International Airport itu harus melewati Pantai Maho yang ramai.

Jarak antara pesawat terbang dengan kepala para pengunjung pantai hanya beberapa meter saja.

Meski mengerikan untuk dilihat, atraksi menyaksikan pesawat terbang rendah di Pantai Maho -- yang juga dilabeli ekstrem -- justru populer dan menarik turis dari banyak negara untuk datang. 

Namun, kejadian horor terjadi pada Rabu 12 Juli 2017. Seorang turis asal Selandia Baru tewas akibat hempasan pesawat.

"Wanita berusia 57 tahun yang belum diidentifikasi itu tengah berada di pagar untuk menyaksikan pesawat tersebut berangkat pada Rabu 12 Juli 2017 waktu setempat," kata kepolisian lokal melalui laman Facebook seperti dikutip dari CNN, Jumat (14/7/2017).

"Ledakan mesin jet itu begitu dahsyat sehingga membuatnya terhempas. Dia kemudian meninggal," kata polisi kepulauan tersebut.

Walaupun mengundang turis datang, pihak bandara di kepulauan Karibia dan otoritas lokal sudah mengeluarkan peringatan agar tak terlalu dekat dengan pesawat. Aparat menyebut praktik menonton burung besi terbang dalam jarak dekat tersebut "sangat berbahaya".

Sejauh ini, polisi tidak mengatakan pesawat jenis apa yang terlibat dalam insiden tersebut.

Turis di St. Maarten, Dutch Caribbean island. (St. MaartenMap/Instagram)

Otoritas pulau juga mengatakan bahwa mereka telah melakukan tindakan pencegahan untuk memperingatkan wisatawan agar tidak terlalu dekat dengan pesawat terbang.

"Mereka telah memberi tanda dan melakukan patroli di daerah tersebut untuk memperingatkan orang-orang," kata departemen kepolisian tersebut.

Insiden serupa terjadi pada 2012, seorang wanita terluka setelah terlempar ke penghalang beton akibat ledakan mesin pesawat jet.

Kecelakaan juga pernah terjadi di Pantai Maho. Pada 2014, dua pilot tewas setelah menabrak badan air tak lama setelah lepas landas dari bandara.

Para wisatawan telah menyaksikan 'atraksi' pesawat lepas landas dan mendarat sejak bandara itu dibuka pada 1943.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.