Sukses

FBI Tangkap Anggota Militer AS Pengikut ISIS

Pria asal Hawaii yang bekerja sebagai Tentara AS ditangkap FBI atas tuduhan ikut serta dalam tindakan terorisme.

Liputan6.com, Hawaii - Seorang anggota aktif Militer Amerika Serikat (AS), Ikaika Kang ditangkap FBI. Pria asal Hawaii tersebut dituding sebagai pendukung kelompok ISIS.

Kang dituduh menyediakan beberapa dokumen rahasia dan sebuah drone kepada kelompok penyebar teror global tersebut.

Dari keterangan FBI, tentara berusia 34 tahun ini, telah menyatakan sumpah setia kepada ISIS. Tugas yang diberikan ISIS kepadanya adalah membeli sebuah drone.

Pesawat tanpa awak tersebut digunakan untuk melawan tentara AS. Ia juga berpotensi menggunakan senjata yang dimilikinya untuk membunuh banyak orang.

"Kang juga mencoba mengajari kelompok tersebut teknik bela diri," sebut keterangan kriminal yang dikeluarkan FBI, seperti dikutip dari Washington Times, Selasa (11/7/2017).

Kang merupakan pejabat militer berpangkat Sersan Pertama. Ia dibawa ke pengadilan dengan dakwaan tindakan terorisme.

Dari 26 halaman dakwaan terhadap Kang, pelaku turut diketahui telah menggandakan dokumen rahasia militer AS pada 2015 lalu.

Juru Bicara FBI, Arnold Laanaui mengatakan penangkapan Kang dilakukan tim SWAT. Pelaku sudah diciduk pada Sabtu 8 Agustas 2017 lalu.

Sebelum ditugaskan, Kang merupakan operator pengendali lalu lintas udara di Wheeler Army Airfield. Ia lulusan Akademi Angkatan Darat AS Desember 2001 lalu.

Dirinya sempat bertugas di Irak dari Maret 2010 sampai Febuari 2011. Setelah itu dia ditempatkan di Afghanistan di Brigade Aviation Combat 25 dari Juli 2013 sampai April 2014.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.