Sukses

Gempa Susulan Menambah Nestapa Warga Pulau Leyte Filipina

Gempa kembali mengguncang Filipina, setelah lindu terakhir pada 6 Juli lalu.

Liputan6.com, Manila - Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang sebuah pulau di Filipina tengah pada Senin (10/7/2017). Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban, demikian menurut laporan seismolog setempat.

Sepekan yang lalu wilayah itu juga dilanda lindu kuat yang awalnya disebutkan berkekuatan 6,9 SR namun diklarifikasi menjadi 6,5 SR.

"Gempa yang cukup kuat melanda Pulau Leyte di dekat Ormoc, sebuah kota berpenduduk sekitar 200.000 orang, pada pukul 09.41 pagi di kedalaman yang relatif dangkal 12,7 km," demikian dilaporkan US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS seperti dikutip dari Channel News Asia.

Menurut data terakhir, gempa Filipina berkekuatan 6,5 skala Richter yang mengguncang wilayah tersebut pada Kamis 6 Juli lalu, menewaskan dua orang dan menyebabkan 72 lainnya cedera.

Daerah Leyte dilaporkan menampung sekitar 1,75 juta orang. Beberapa bagian Filipina masih dalam kondiisi tanpa listrik pekan ini karena kerusakan pada pembangkit listrik Leyte.

Filipina terletak pada jalur Cincin Api--sebuah wilayah Samudra Pasifik yang luas di mana banyak gempa bumi dan letusan gunung berapi kerap terjadi.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.