Sukses

10-7-1962: Satelit Komunikasi Pertama Diluncurkan ke Angkasa Luar

Liputan6.com, Washington DC - Telstar adalah sebuah satelit komunikasi aktif pertama yang merupakan kolaborasi antara badan penyiaran Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris, yakni AT&T, Bell Labs, NASA, British General Post Office, French National Post, Telegraph, dan Telecom Office.

Satelit yang diluncurkan melalui satelit pada 10 Juli 1962 itu, memungkinkan program TV disiarkan melintasi Samudra Atlantik. Dilansir Wired, satelit sebesar satu meter itu juga merupakan yang pertama mengirim sinyal televisi, telepon, dan gambar faks melalui ruang angkasa.

Sebelum Telstar diluncurkan, acara TV dan informasi komunikasi lainnya terpancar melalui menara dan melengkapi sambungan telepon rumah yang telah saling silang. Namun, begitu sinyal-sinyal itu sampai ke laut, mereka mencapai batasnya.

Telstar 1 yang berada di orbit rendah, mengelilingi Bumi setiap dua setengah jam. Ia berada di posisi yang tepat untuk mentransmisikan sinyal antara Eropa dan AS selama 20 menit setiap orbitnya.

Telstar 1 mentransmisikan gambar pertamanya pada 11 Juli 1962. Namun peristiwa bersejarah sebenarnya terjadi 13 hari setelah diluncurkan, yakni ketika satelit menyiarkan siaran transatlantik pertamanya secara langsung.

Momen itu membawa jurnalisme televisi memasuki era modern. Sebelum Telstar 1 mengorbit, video tape harus melintasi samudera dengan pesawat terbang dan baru bisa dipancarkan melalui menara. Seringkali, acara yang ditampilkan dalam TV terlambat beberapa hari.

Program transatlantik juga menampilkan pertandingan liga utama baseball dari Chicago dan gambar fasilitas NASA. Segmen tersebut diakhiri dengan konferensi pers Presiden Kennedy yang berbicara tentang harga dolar -- yang berpengaruh pada penguatan dolar di Eropa .

Telstar 1 memiliki pengaruh yang kuat terhadap budaya populer. Pada tahun peluncurannya, sebuah band bernama The Tornado merekam lagu instrumental berjudul "Telstar" dan menempati nomor satu tangga lagu Inggris dan AS.

Nama satelit itu menginspirasi sejumlah item budaya pop, termasuk perusahaan rekaman, tim sepak bola Belanda, mobil Ford, dan konsol video game.

Meski menuai kesuksesan, Telstar 1 tak mengorbit lama. Uji coba nuklir oleh Pemerintah AS dan Soviet yang mencapai ketinggian atmosfer, menggosongkan transitor satelit. Akhirnya Telstar 1 diberhentikan operasinya pada 1963.

Selain diluncurkannya satelit komunikasi pertama, pada 10 Juli 1913, termometer mencatat, suhu udara di Death Valley -- area gurun pasir California, Amerika Serikat -- mencapai 56,7 derajat Celsius. Sejumlah orang bahkan mengumpamakannya sebagai Hell on Earth.

Panas ekstrem Death Valley dipengaruhi dua hal: ia berada di tengah gurun, juga terletak 250 kaki atau 90 meter di bawah permukaan laut. Pegunungan Sierra Nevada turut andil menghalangi kelembaban masuk ke lembah itu. 

Pada tanggal yang sama tahun 1992, seorang diktator Panama bernama Manuel Antonio Noriega dijatuhi hukuman penjara 40 tahun oleh Pengadilan Amerika Serikat (AS). Ia dinyatakan terlibat kasus perdagangan narkoba dan pemerasan.

Dengan vonis tersebut, Noriega menjadi kepala negara asing pertama yang dipidana oleh Pengadilan AS.

Artikel Selanjutnya
Telkom dan Lockheed Martin Pantau Perbaikan Satelit Telkom 1
Artikel Selanjutnya
Satelit Telkom-1 Hancur Berkeping? Ini Tanggapan Lockheed Martin