Sukses

Foto Resmi KTT G20, Jokowi Berdiri di Samping Donald Trump

Para pemimpin dan perwakilan negara anggota G20 berfoto bersama dalam pembukaan KTT G20 yang diadakan di Hamburg, Jerman.

Liputan6.com, Hamburg - Hari ini, 7 Juli 2017, KTT G20 resmi dibuka. Sejumlah pemimpin dunia, termasuk Indonesia, hadir dalam pertemuan tingkat tinggi yang diadakan hingga 8 Juli tersebut di Hamburg, Jerman.

Dalam pembukaan KTT tersebut, para pemimpin dan perwakilan negara anggota G20 berfoto bersama. Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo terlihat berdiri di sebelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto.

Setelah sesi foto selesai, Jokowi terlihat berbincang singkat dengan Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Jokowi tiba di Hamburg pada 6 Juli setelah pesawat yang ditumpanginya lepas landas dari Bandara Internasional Esenboga Havalimani Ankara, Turki. Setibanya di Hamburg, Jokowi dan Iriana disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo.

Di KTT G20 Hamburg, Jokowi didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Namun, menjelang pembukaan KTT yang membahas persoalan ekonomi dan isu-isu strategis itu, demonstrasi ricuh terjadi.

Polisi dilaporkan terpaksa menggunakan gas air mata dan semprotan merica untuk membubarkan massa yang menggelar aksi di dekat lokasi pertemuan KTT G20 pada Kamis malam waktu setempat.

Sebelumnya, para demonstran menyerang polisi dengan melemparkan botol dan batu bata. Menurut laporan Independent, jumlah anggota polisi yang terluka akibat peristiwa itu mencapai 76 orang.

Ribuan pemrotes datang dari seluruh wilayah Eropa. Mereka berpendapat, G20 gagal menyelesaikan sejumlah masalah yang mengancam perdamaian dunia.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.