Sukses

11 Spesies Ini 'Mencatut' Nama Presiden Amerika Serikat

Liputan6.com, Washington DC - Studi taksonomi bukan merupakan hal yang mudah. Para peneliti harus melakukan sejumlah pengukuran, deskripsi teknis, dan pengkajian data-data.

Tentu saja hal tersebut memerlukan ketelitian tinggi dan kerja yang tak kenal lelah.

Di sisi lain, menemukan spesies baru dan memberinya nama bisa menjadi pengalaman yang menggembirakan.

Para ilmuwan telah dikenal memberi nama penemuan mereka dengan nama orang-orang terkenal, termasuk presiden, baik sebagai ekspresi kekaguman mereka atau untuk menarik minat publik.

Dikutip dari Live Science, Kamis (6/7/2017), berikut 11 Presiden Amerika Serikat yang namanya diabadikan dalam sistem taksonomi.

1 dari 5 halaman

Dari Tawon hingga Moluska

1. Tawon Washington

Heterospilus washingtoni (2013 Paul M. Marsh under CC 3.0)

Tawon Washington memiliki nama ilmiah Heterospilus washingtoni yang diambil dari nama salah satu Bapak Pendiri AS, George Washington.

Serangga asal Costa Rica itu, termasuk dalam genus Heterospilus yang memiliki 280 spesies.

2. Moluska Jefferson

Chesapecten jeffersonius (Berni Nonenmacher/Wikipedia under CC by SA 3.0)

Moluska dengan nama latin Chesapecten jeffersonius merupakan fosil pelopor. C. jeffersonius menjadi fosil Amerika Utara pertama yang diterjemahkan ke dalam literatur ilmiah oleh naturalis Inggris Martin Lister.

Moluska tersebut diberi nama dari salah satu Bapak Pendiri AS, Thomas Jefferson. Karena sebarannya berada di Virginia atau dijuluki sebagai 'Mother of Presidents', C. jeffersonius dinobatkan sebagai fosil resmi negara.

3. Genus Eksklusif Lincoln

File arsip Arsip Nasional ini diambil antara 1861-1865 yang menunjukkan mantan Presiden AS Abraham Lincoln. Lincoln dilantik sebagai Presiden AS ke-16 pada tanggal 4 Maret 1861 (AFP)

Presiden ke-16 Amerika Serikat Abraham Lincoln, namanya djadikan salah satu genus eksklusif bernama Lincolna. Dalam genus tersebut, hanya terdapat dua spesies yang merupakan tawon parasit bernama L. aldrovandii dan L. sismondini.

Seorang ahli entomologi bernama Alexandre Arsène Girault yang memberi nama spesies tersebut pada tahun 1930-an, sering menyebut spesies baru dengan nama orang-orang yang dikaguminya. Genus lain ia beri nama seperti Davincia, Shakespearia, dan Beethovena.

2 dari 5 halaman

Dari Tikus hingga Ikan

4. Tikus Roosevelt

Presiden ke-26 Amerika Serikat Theodore Roosevelt (Biography.com)

Theodore Rooselvelt dikenal sebagai presiden yang giat berupaya dalam mengonservasi sumber daya alam. Ia telah mendirikan US Forest Service, membuat lima taman nasional baru, dan memasukkan 93 juta hektar lahan ke dalam perlindungan federal.

Selain itu, namanya juga digunakan sebagai nama seekor tikus kecil yang tinggal di sabana basah di Afrika Tengah dan Timur, Crocidura roosevelti.

5. Krustasea Roosevelt

Mantan Presiden Franklin Delano Roosevelt dia AS adalah seorang pengidap polio hnigga lumpuh. (Sumber Library of Congress via UPI)

Presiden ke-32 AS Franklin D. Roosevelt memang tidak dikenal sebagai 'presiden naturalis' seperti sepupu jauhnya, Theodore Roosevelt. Meski demikian namanya diabadikan untuk sebuah spesies krustasea, yakni Siriella roosevelti.

Nama itu diberikan oleh ilmuwan Smithsonian setelah presiden yang dikenal dengan nama FDR itu menjelajah Kepulauan Cipperton, Coco, dan Galapagos.

6. Ikan Jimmy Carter

(Sumber Jimmy Carter Library)

Dikenal dengan nama ikan bluegrass, Etheostoma jimmycarter tinggal di basin drainase Green River di Kentucky dan Tennessee. Nama ikan berukuran kecil itu diambil dari Presiden ke-39 AS, Jimmy Carter.

Pria yang sat ini berusia 92 tahun itu pernah melakukan perluasan Sistem Taman Nasional yang mencakup perlindungan 42,2 juta hektar tanah Alaska.

3 dari 5 halaman

Dari Serangga hingga Ikan

7. Serangga Reagan

Heterospilus reagani (2013 Paul M. Marsh under CC 3.0)

Sebuah spesies serangga bernama Heterospilus reagani yang berhabitat asli di Costa Rica, termasuk ke dalam salah satu dari 280 spesies dalam genus Heterospilus.

Nama itu diambil dari Presiden ke-40 AS, Ronald Reagan, yang pernah mengunjungi negara Amerika Tengah atas undangan rekannya, Luis Alberto Monge, pada 1982.

8. Ikan Clinton

Bill Clinton adalah Presiden ke-42 Amerika Serikat

Ikan asal Arkansas Etheostoma clinton namanya diambil dari Presiden ke-42 AS, Bill Clinton. Nama tersebut dipakai oleh seorang ilmuwan lingkungan Steve Layman pada 2012.

Sewaktu menjabat sebagai presiden, Bill Clinton pernah mengupayakan peningkatan pelestarian jutaan hektar hutan belantara dan perlindungan hutan nasional.

9. Serangga Bush

Mantan calon presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton bersama mantan Presiden AS, George Bush saat menghadiri upacara pelantikan Donald Trump menjadi Presiden AS ke-45 di Washington, DC, AS, (20/1). (Win McNamee/Pool Photo via AP)

George W. Bush, wakil presidennya Dick Cheney, dan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld pada saat menjabat memiliki sejumlah penggemar. Bahkan, Bush diabadikan menjadi nama untuk kumbang jamur lendir, Agathidium bushi, sebagai salah satu bentuk penghargaan.

"Sebagai warga, kami mengagumi para pemimpin ini yang memiliki keberanian atas keyakinan mereka dan bersedia melakukan pekerjaan yang sangat sulit dan tidak populer untuk memenuhi prinsip kebebasan dan demokrasi daripada menerima yang populer," ujar Quentin Wheeler, satu dari dua dari mantan ahli entomologi Universitas Cornell yang menggambarkan spesies tersebut pada 2005.

4 dari 5 halaman

Cacing dan Ngengat

10. Cacing Parasit Obama

Baracktrema obamai (J. R. Roberts et. al./2016 American Society of Parasitologists/LOC)

Para ilmuwan menamai spesies parasit darah dengan nama Barack Obama sebagai sebuah pujian. Parasit bernama Baracktrema obamai itu ditemukan di paru-paru kura-kura air tawar Malaysia.

Ahli biologi yang menemukan parasit itu pada 2015 Thomas Platt, spesies itu menghadapi hambatan luar biasa untuk menyelesaikan siklus hidup dan harus bersaing dengan sistem kekebalan tubuh inangnya.

11. Ngengat Trump

Neopalpa donaldtrumpi (Vazrick Nazari/Zookeys under CC by 4.0)

Ketika ahli biologi Kanada Vazrick Nazari menemukan spesies baru ngengat kecil. Kemiripan mahkota kuning dan putih serangga itu langsung mengingatkannya akan corak khas Donald Trump.

"Alasan untuk memilih nama ini adalah untuk memberi perhatian publik yang lebih luas terhadap kebutuhan untuk terus melindungi habitat rapuh Amerika Serikat yang masih menyimpan banyak spesies yang tidak dapat dideskripsikan," tulis Nazari dalam ulasan soal spesies Neopalpa donaldtrumpi pada Januari 2017.

"Julukan spesifik dipilih karena kemiripan kepala ngengat dengan gaya rambut Trump."

Artikel Selanjutnya
VIDEO: AS Pertimbangkan untuk Negosiasi Ulang NAFTA
Artikel Selanjutnya
Wapres AS: Venezuela Berisiko Jadi Negara Gagal