Sukses

Sambutan Sederhana untuk Donald Trump di Polandia

Hanya ada 10 anggota militer Polandia yang dikerahkan untuk memberikan penghormatan saat kunjungan Presiden Donald Trump ke Warsawa.

Liputan6.com, Warsawa - Tak seperti dalam kunjungan Presiden AS sebelumnya yang selalu meriah dan mewah, kali ini Donald Trump hanya disambut sederhana pada lawatan keduanya ke luar negeri di Chopin Airport, Warsawa.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengirim asisten utamanya untuk mengurus unit kecil yang menyambut pemimpin AS--tak semewah seperti di Arab Saudi saat kunjungan luar negeri kepresidenan pertamanya enam bulan lalu.

Alih-alih mengerahkan penjaga dengan senapan laras panjang, Presiden Duda hanya menyiapkan 10 anggota militer Polandia untuk memberikan penghormatan.

Sementara karpet merah, limosin Cadillac yang diberi nama "The Beast", dan rombongan kecil dari pejabat Polandia--salah satunya membawa seikat bunga untuk Melania Trump--telah menunggu.

Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski, dan Minister of state Krzysztof Szczerski memimpin delegasi tersebut, didampingi oleh Duta Besar AS A. Paul.

Sementara staf dan reporter Gedung Putih keluar melalui pintu belakang, presiden dan Nyonya Trump menuruni tangga untuk pesta penyambutan kecil.

Nyonya Trump yang mengenakan mantel hijau, melambaikan tangan kepada media--yang jumlahnya lebih banyak daripada para pejabat.

Setelah pasangan orang nomor satu di AS, Ivanka Trump dan Jared Kushner--putri presiden dan menantunya--turun dari pesawat sambil berpegangan tangan dan tersenyum, diikuti Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan pejabat lainnya.

"Menteri Perdagangan Wilbur Ross dan Penasihat Keamanan Nasional H.R. McMaster juga melakukan perjalanan tersebut," kata Gedung Putih.

Kurang dari empat menit setelah muncul di pintu depan Air Force One, Trump sekeluarga meninggalkan bandara bersama sopir Secret Service.

Jaringan TV Polandia kemudian mengikuti iring-iringan kendaraan dengan kamera.

Donald Trump mengunjungi Warsawa sebelum KTT G20 di Hamburg, Jerman, pada Jumat dan Sabtu, 7-8 Juli. Setelah itu ia akan menuju Prancis atau Inggris.

Di Paris, Donald Trump dijadwalkan untuk mengunjungi perayaan Hari Bastille. Sementara, tak ada agenda untuk perjalanan Trump di Inggris.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.