Sukses

Indonesia Latih Warga Palestina Pelihara Infrastruktur

Pemerintah melalui Kemlu mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas bagi 14 warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia kembali menunjukkan kepedulian terhadap rakyat Palestina. Kali ini, melalui Kementerian Luar Negeri, pemerintah memberikan pelatihan pengembangan kapasitas infrastruktur kepada Warga Palestina.

Menurut Direktur Kerja Sama Teknik Kemlu, Mohammad Syarif Alatas, penyelenggaraan pelatihan merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dalam pelatihan tersebut, warga Palestina diberi bimbingan bagaimana cara pemeliharaan infrastruktur.

Pelatihan tersebut, diikuti oleh 14 warga Palestina. Mereka adalah aparatur sipil yang bekerja untuk kementerian/lembaga pemerintahan di Palestina seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Transportasi, serta kantor pemerintah daerah.

Peserta dari Palestina akan mengikuti pelatihan yang diadakan di Bandung. Pelatihan dibagi dalam beberapa sesi di dalam kelas dan kunjungan ke beberapa pusat pengembangan infrastruktur milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

"Bagi para peserta, saya harap selama sesi di kelas dan kunjungan lapangan Anda dapat mengambil informasi berharga yang dapat dipraktikkan," ujar Syarif dalam keterangan persnya, Rabu (5/7/2017).

Selain itu, para peserta dari Palestina juga akan mendapatkan materi tentang mekanisme kerja sama pemerintah dan sektor swasta (Public-Private Partnership) di Indonesia dalam pembangunan infrastruktur umum.

"Jangan ragu untuk meminta informasi lebih lanjut dan rincian tentang kebijakan dan proses perencanaan di Indonesia dalam membangun jalan, rumah, dan sanitasi, serta bagaimana pemerintah kami bekerja sama dengan sektor swasta dalam kemitraan publik-swasta," ucap Syarif.

Dia menambahkan, kegiatan pelatihan itu dapat menjadi ajang untuk saling berbagi dan tukar-menukar ide, keahlian, dan pengalaman di bidang infrastruktur antara Indonesia dan Palestina. Selain itu, dapat memajukan pembelajaran bersama dalam aspek pengelolaan infrastruktur yang lebih baik untuk memperkuat pembangunan ekonomi kedua negara.

Palestina merupakan salah satu negara prioritas penerima bantuan kerja sama teknik dari Indonesia. Bantuan kerja sama teknik di bidang infrastruktur tersebut merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk memberikan program bantuan pengembangan kapasitas kepada aparatur sipil Palestina.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan pelatihan di bidang pariwisata dan kepurbakalaan yang diikuti oleh 11 peserta asal Palestina pada Maret 2017 di Yogyakarta.

Untuk tahun depan, Kementerian Luar Negeri berencana menggandeng kementerian/lembaga terkait untuk memberikan pelatihan peningkatan kapasitas di bidang UMKM dan microfinance untuk Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.