Sukses

3 Hambatan yang Harus Diatasi agar Kuliner Indonesia Mendunia

Masakan Nusantara punya potensi mendunia. Namun ini tiga faktor yang menyebabkan potensi tersebut terhalang.

Liputan6.com, Jakarta - Nusantara dikenal sebagai surga kuliner. Berbagai macam jenis makanan ada di seluruh Indonesia.

Ironisnya, kuliner nusantara kurang dikenal di dunia global. Kepopulerannya kalah dari negara Asia lain, macam China, Jepang, bahkan negara tetangga seperti Thailand.

Hal ini disadari oleh ketua Task Force Indonesia Culiner Diaspora, Robert Manan. Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab kuliner Tanah Air belum bisa bersaing di tataran internasional.

"Saya kira dari dukungan industri bumbu. Di mana bumbu kita belum didapat di negara-negara (lain), ini hambatan yang pertama," ucap Robert kepada Liputan6.com.

Selain bumbu, masalah yang tak kalah penting lain adalah ketersediaan juru masak dunia yang bisa memasak masakan Indonesia masih sangat minim.

"Kedua, chef masih belum tersedia banyak di luar negeri sehingga risikonya untuk buka restoran lebih tinggi," paparnya.

Ia melanjutkan, kurangnya dukungan juga semakin membuat masakan Indonesia tertinggal ketenarannya

"Ketiga dukungan pemerintah. Thailand restoran itu didukung pemerintahnya yang sudah hampir 30 tahun lebih (memberi dukungan)," jelasnya.

Ia menegaskan, bila masalah tersebut bisa diatasi, niscaya masakan Indonesia bisa lebih dikenal di luar negeri.

"Kami melihat sangat sederhana, Indonesia 17 ribu pulau budayanya luar biasa kaya. Potensi yang terbesar adalah Indonesia," kata dia.

Tempat Makan Yang menyedikan Rendang Terlezat di Jakarta

Sebelumnya, menurut survei yang pernah dimuat laman CNNGo, rendang masuk ke dalam jajaran makanan terlezat di dunia. Survei tersebut dihimpun stasiun berita ternama Amerika Serikat tersebut melalui media sosial Facebook.

Tidak tanggung-tanggung, survei yang dikeluarkan pada September 2011 itu menyebut rendang berada di peringkat pertama. Pada survei sebelumnya, posisi nomor wahid ditempati massaman curry asal Thailand.

Sementara posisi selanjutnya, ditempati santapan lain yang juga populer di Indonesia, nasi goreng.

"Setelah menjaring lebih dari 35.000 suara, makanan paling enak di dunia bukan massaman curry, yang kami sarankan, tapi hidangan daging berbumbu yang pedas dari Sumatera Barat," demikian hasil survei yang dimuat situs CNN.

Makanan asal Indonesia lainnya, satai, juga masuk dalam daftar. Panganan tersebut berada di urutan 14. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.