Sukses

2 'Jejak' Obama dalam Kunjungan Mendadak ke SDN Menteng 01

Dalam kunjungan nostalgianya ke SDN Menteng 01, Barack Obama meninggalkan "jejak" di papan tulis dan buku tamu.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungannya ke Indonesia, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyempatkan bernostalgia ke SDN Menteng 01 Jakarta, tempatnya menimba ilmu saat kelas tiga dan empat sekolah dasar.

Menurut Kepala SDN Menteng 01 Jakarta, Edi Kusyanto, dalam kunjungannya pada 1 Juli pukul 17.15 tersebut, Barack Obama mengajak dua anaknya, Malia dan Sasha, satu keponakan, dan adik iparnya yang merupakan suami saudara tirinya, Maya Soetoro.

Di sana, ia ditemani oleh seorang gurunya yang bernama Efendi serta enam teman dekatnya semasa bersekolah.

Dalam kunjungan kilat yang berlangsung sekitar tujuh menit itu, Obama sempat berkeliling di ruangan kelas tiga SDN Menteng 01--dikenal juga sebagai SD Besuki, tempatnya menimba ilmu dulu. 

Saat Liputan6.com berkunjung ke ruangan tersebut, terdapat tulisan di papan tulis yang menyambut kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat itu, "Welcome home, Mr Barack Obama!! Selamat mudik, Barry!"

Tanda tangan dan tulisan Obama di pojok kanan papan tulis di ruangan kelas tiga SDN Menteng 01 Jakarta (Liputan6.com/Citra Dewi)

Barack Obama turut membubuhkan tanda tangannya di papan tulis yang sama, dan menuliskan kalimat, "Terima Kasih, Besuki School!"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dream Big Dreams

Berdasarkan keterangan Edi, sebelum pulang Obama sempat menuliskan pesannya dan membubuhkan tanda tangannya di buku tamu SDN Menteng 01.

"Besuki School. Thank you for letting me visit my old school. Terima kasih!" tulis Obama. Pria dengan nama kecil Barry itu juga menambahkan tulisan "Dream Big Dreams" (Bermimpilah Mimpi yang Besar) di bawah tanda tangannya.

Pesan dan tanda tangan Barack Obama di buku tamu SDN Menteng 01 Jakarta. (Liputan6.com/Citra Dewi)

Semasa sekolah, Obama dikenal sebagai anak yang mudah bergaul dan suka Pramuka. Layaknya anak-anak lain, Obama juga tak luput dari keisengan teman-temannya, yakni diikat di Pohon Asam.

Dengan kesuksesannya saat ini, Edi menuturkan bahwa Obama merupakan tokoh yang memotivasi anak-anak.

"Obama adalah salah satu tokoh yang bagi kita sebagai motivasi anak-anak, bahwa dulu sekolah seperti ini bisa melahirkan tokoh seperti Obama," ujar Edi pada Selasa (4/7/2017).

Sebuah patung perunggu yang menggambarkan sosok Barack Obama kecil, ditempatkan di depan SDN Menteng 01. Sebelumnya, patung tersebut sempat diletakkan di Taman Menteng, yang tak jauh dari SD yang terletak di Jl. Besuki itu.

"The Future Belongs to Those Who Believe in The Power of Their Dreams," tulis keterangan di bawah patung perunggu itu. Masa depan adalah milik mereka yang meyakini kekuatan mimpi....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini