Sukses

Masa Lalu Kelam 6 Artis Hollywood Korban Kejahatan Seksual

Liputan6.com, Jakarta - Ibarat fenomena gunung es, banyak kasus kejahatan seksual yang tak terungkap dan menjadi masa lalu yang kelam bagi sebagian orang. 

Berstatus sebagai korban, apalagi kejahatan seksual, membawa konsekuensi berat bagi mereka yang mengalaminya.

Siapapun bisa menjadi korban kejahatan seksual, termasuk sejumlah artis Hollywood. Belakangan, para pesohor tersebut membuka diri, mengungkapkan rahasia kelamnya pada dunia. Tujuannya, untuk berdamai dengan masa lalu dan menjadi inspirasi bagi sesama penyintas (survivor)

Beberapa dari mereka kini aktif berkampanye anti-kekerasan seksual dan menginspirasi banyak perempuan, terutama korban, untuk bangkit dan melanjutkan hidup. 

Seperti dikutip dari berbagai sumber, termasuk Ranker.com, berikut 6 artis Hollywood korban kejahatan seksual yang tetap menjalani hidup dan optimistis menatap masa depan: 

1 dari 7 halaman

1. Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey atau yang dikenal dengan Oprah Winfrey adalah adalah seorang selebritas dan pengusaha Amerika Serikat yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara talkshow yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show.

Meski dikenal sebagai artis dan miliarder dunia, perempuan berusia 63 tahun ini juga pernah mengalami masa-masa kelam.

Seperti dikutip dari Aceshowbiz, ketika usianya baru 14 tahun, ia mengalami pelecehan seksual hingga hamil. Bayi yang dikandungnya pun lahir secara prematur dan meninggal di rumah sakit.

Bahkan tindak kekerasan seksual tersebut dilakukan oleh anggota keluarganya sendiri, yang lain dan tak bukan adalah sepupunya. Tak berhenti di situ saja, tindak keji itu kembali dilakukan oleh anggota keluarga lainnya lagi dan lagi.

Oprah Winfrey

Karena takut , Oprah memilih untuk menyembunyikan aibnya. Namun, pertumbuhan janin yang ada di kandungannya tak dapat disembunyikan. Di saat orang sekitar telah menyadari kehamilannya, Oprah merasa sakit dan malu atas kondisi yang menimpanya.

Namun pada 1990, Oprah Winfrey pun membuka masa lalunya pertama kali di majalah The Oprah.

"Saya tak bisa turun dari tempat tidur, dan menangis selama tiga hari. Saya merasa hancur dan rerluka. Bagaimana mungkin orang terdekat melakukan hal demikian kepada saya," kata Oprah.

Setelah dirinya menceritakan kesedihannya itu kepada orang lain, Oprah Winfrey mengaku lega. "Saya menyadari bahwa menceritakan rahasia pada orang lain itu bisa membebaskan diri saya sendiri."

Kini ia dikenal oleh khalayak ramai, kisahnya menginspirasi dan nama besarnya sangat memiliki pengaruh bagi semua orang di seluruh dunia.

2 dari 7 halaman

2. Lady Gaga

Siapa yang tak kenal dengan sosok Lady Gaga. Penyanyi dengan nama lengkap Stefani Joanne Angelina Germanotta ini kerap tampil dengan gaya yang nyentrik. Tiap busana yang ia gunakan selalu menjadi sorotan.

Sebut saja gaun malam yang ia buat dari daging sapi. Berkat aksi nekadnya, ia sempat mendapat kritik dari aktivis hewan karena pakaian yang ia gunakan. Tak hanya terkenal dan menjadi sosok paling diidolakan oleh penggemarnya di seluruh dunia, Lady Gaga juga memiliki masa suram dalam sejarah hidupnya.

Penyanyi yang kerap berpenampilan eksentrik itu merupakan korban pemerkosaan oleh seorang produser musik ketika usianya masih remaja.

Lady Gaga (nydailynews)

Pengakuan sebagai korban kekerasan seksual meluncur dari bibir penyanyi yang dijuluki Mother Monster untuk pertama kali pada 2014 lalu. Usianya kala itu kurang lebih 19 tahun.

"Aku menulis sebuah lagu berjudul Swine. Lagu ini tentang pemerkosaan. Lagu ini tentang demoralisasi. Tentang kemarahan, kegeraman, dan nafsu. Dan aku punya banyak luka yang ingin aku lepaskan..." ujar Lady Gaga dalam ajang The Howard Stern Show seperti dikutip dari Eonline.

"Aku telah melewati beberapa hal mengerikan yang kini bisa aku tertawakan. Karena aku sudah melalui banyak terapi fisik, mental, dan emosional untuk menyembuhkan diriku. Itu berlangsung selama bertahun-tahun. Musikku luar biasa. Tapi, terkadang pada satu titik aku merasa tempurung bagi diriku sendiri. Aku bukan diriku. Usiaku sekitar 19 tahun kala itu. Aku menempuh pendidikan di sebuah sekolah Katolik dan terjadilah semua kegilaan itu," imbuhnya.

3 dari 7 halaman

3. Jane Fonda

Artis legendaris Hollywood, Jane Fonda yang pernah meraih Oscar ternyata memiliki trauma berkepanjangan sebagai korban pelecehan seksual. Jane Fonda mengaku kejadian tersebut membuat dirinya terus mengalami mimpi buruk.

Dilansir dari laman FoxNews, ia mengatakan bahwa tindak kekerasan dan pelecehan seksual itu terjadi sewaktu ia masih kecil.

Tak berhenti di situ saja, pengalaman buruk itu kembali terulang. Kala itu atasannya memiliki niat jahat. Fonda harus dipecat karena tak mau melayani nafsu birahi atasannya.

Jane Fonda (LA Times)

Jane Fonda juga dibayang-bayangi kematian ibunya, Frances Ford Seymour yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri pada usia 42 tahun. Jane Fonda mengungkapkan, ibunya juga pernah mendapatkan pengalaman buruk tersebut hingga membuatnya trauma dan tertekan.

Jane Fonda yang lahir 21 Desember 1937 ini disebut sebagai wanita terseksi di muka bumi. Dia juga dikenal sebagai pekerja keras yang rela menghabiskan waktu di lokasi syuting.

Beberapa orang yang pernah bekerja sama dengan Jane Fonda memuji kemampuan selebriti tersebut. Jane Fonda rela menghabiskan 60 jam seminggu untuk meningkatkan kemampuan syutingnya.

Jane Fonda juga dikenal dengan sikap kemanusiaannya yang siap membantu orang. Dia merupakan pendukung anti-perang Vietnam yang dilakukan Amerika Serikat. Ia juga memaksa pemerintah AS untuk menemukan tentara yang tak bisa pulang dari medan perang.

4 dari 7 halaman

4. Ashley Judd

Ashley Judd adalah seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Ia paling dikenal sebagai pemeran utama dalam sejumlah film thriller pada akhir 1990-an dan awal 2000-an  di antaranya Kiss the Girls, Double Jeopardy dan High Crimes.

Ashley Judd juga tak menyangka dirinya menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual. Jika sebelumnya Ashley Judd merasa malu mengungkapkannya, kini dia membeberkannya lewat sebuah memoar.

Ashley Judd (Pinterest)

Dilansir dari Independent, Ashley Judd menulis sebuah surat terbuka yang emosional, menjelaskan bagaimana kengerian pelecehan seksual yang dia alami semasa muda.

Aktris dan aktivis tersebut menulis surat terbuka dengan judul Forget Your Team: Your Online Violence Toward Girls and Women Is What Can Kiss My Ass.

Hal tersebut ia sampaikan agar tak ingin ada wanita lain yang mendapatkan perlakuan tak menyenangkan yang dia alami. Pengalaman kekerasan seksual sudah dialami Ashley Judd sejak dirinya masih kecil. Ia bertahan hidup dengan mimpi buruk yang terus menghantuinya.

"Aku sempat ditarik ke sebuah lorong gelap oleh seorang pria. Beruntung, aku bisa melarikan diri saat itu. Namun kesialan terjadi saat pria yang tinggal di bawah apartemenku memaksa untuk memuaskan hasrat seksualnya. Itu sungguh mengerikan," ujar Ashley Judd.

5 dari 7 halaman

5. Billie Holiday

Penyanyi jazz terbesar sepanjang masa Billie Holiday adalah salah satu tokoh terkenal yang mengalami pelecehan seksual selama masa hidupnya.

Dikutip dari New York Times, perjalanan hidup Billie tidaklah mudah, sebelum menjadi penyanyi terkenal ia pernah mengalami tindak kekerasan seksual. D

i usia 10 tahun, Billie harus mengalami peristiwa pahit dan paling dibencinya sepanjang hidup, di usia yang sangat muda ia diperkosa oleh pria tetangganya sendiri bernama Wilbert Rich.

Billie Holiday (Foto: MTV.com)

Lelaki bejat itu tertangkap basah oleh ibu Billie, dan dilaporkan ke polisi. Karena aksi bejatnya, pria itu ditangkap polisi dan mendekam di dalam jeruji besi selama tiga bulan.

Namun wanita yang akrab disapa Lady Day ini dapat bertahan dan menjalani hidup. Ia adalah penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang sering dianggap sebagai salah satu penyanyi jazz wanita terbesar sepanjang masa, bersama Sarah Vaughan dan Ella Fitzgerald. Salah satu lagunya paling terkenal adalah "Strange Fruit" yang mengutuk rasialisme yang terjadi di AS pada zamannya.

6 dari 7 halaman

6. Teri Hatcher

Teri Lynn Hatcher merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada 8 Desember 1964. Dia pernah memenangkan nominasi Golden Globe Award sebagai aktris terbaik. Karier keartisannya bermula ketika bermain sebuah film pada tahun 1985.

Hatcher merupakan anak tunggal dari pasangan Owen dan Esther Hatcher dan menghabiskan masa kecilnya di Palo Alto, California.

Meski telah membintangi berbagai film dan dikenal dengan akting yang jago, wanita cantik ini sempat mengalami kejadian memilukan.

Teri Hatcher (purefans.com)

Paman kandungnya pernah melakukan tindak kekerasan seksual ketika Teri masih berusia lima tahun hingga delapan tahun.

Dikutip dari Tinseltownmom.com, cobaan berat itu mulai ia sampaikan ke publik pada tahun 2006. Kala itu dalam sebuah wawancara televisi, ia mengungkapkan kejadian pahit itu.

"Saya ingat sekali, ketika pria itu menyentuh saya dan membuat saya ngeri. Saya pernah mencoba untuk bunuh diri, tetapi saya memikirkannya kembali," ujar Teri.

Teri akhirnya ambil tindakan ketika ia mengetahui pamannya juga telah melakukan tindak kekerasan seksual kepada gadis-gadis lain. Hingga akhirnya, sang paman dijatuhi hukuman penjara selama 12 tahun.

Artikel Selanjutnya
Kesal Anak Alami Kekerasan Seksual, Pria Ini Tembak Mati Pelaku
Artikel Selanjutnya
Tak Mengerikan, 6 Film Thriller Ini Justru Dibumbui Adegan Seks