Sukses

Viral, Video Polisi Peluk Pria yang Todongkan Pisau

Aksi polisi memeluk pria yang menodongkan pisau ke arahnya ini menuai pujian dari netizen. Videonya pun menjadi viral.

Liputan6.com, Bangkok - Sersan Senior Mayor Anirut Malee dari Kepolisian Bangkok menuai pujian di di internet gara-gara memeluk seorang pria yang menerobos masuk ke dalam kantor polisi sambil menodongkan pisau ke arahnya.

Insiden yang terjadi pada 17 Juni 2017 dan dikutip dari Al Arabiya, Senin (3/72017), itu adalah hasil rekaman CCTV dari Kantor Polisi Huai Khwang. Kemudian video dipublikasikan di media sosial dan menjadi viral.

Aksinya menuai pujian karena orang-orang terenyuh melihat kebaikan yang ditunjukkan sang polisi kepada penyerang. Setelah berbicara dengan tenang kepada pria itu, sang polisi memeluknya seraya menenangkan diri.

Dalam sebuah wawancara dengan media Khaosod, petugas tersebut mengatakan bahwa dia hanya mengikuti prosedur yang diajarkan kepada setiap kadet polisi. "Bicarakan dulu, baru ditembak kemudian."

Anirut yang telah menjadi polisi selama 23 tahun mengatakan bahwa dia bisa saja melumpuhkan pria itu dan mengambil pisaunya. Tapi ia khawatir nanti ada yang terluka.

Petugas itu menuturkan bahwa ketika dia mendengar suara orang teriak, dia memerintahkan polisi lain yang ada di dekatnya untuk pergi. Lalu ia berbicara dengan si penyusup.

Menurut Anirut, lelaki itu stres karena majikannya telah menipu dan mengambil gajinya. Lalu seseorang mencuri gitarnya.

"Tolong tenanglah, saudaraku. Jika Anda menginginkan gitar, saya bisa membelikannya. Saya janji, tapi Anda harus meletakkan pisau terlebih dulu," tutur Anirut kepada si penyerang kala itu.

"Saya harus membuatnya merasa bisa memercayai saya," tambahnya.

Anirut mengatakan, memeluk orang lain saat menyapa itu adalah hal biasa baginya yang merupakan seorang muslim dari Provinsi Songkhla. Hal itulah yang ia terapkan pada saat menenangkan si penyerang.

Sebelumnya, Anirut juga berhasil menghentikan orang bunuh diri. Berkat negosiasinya, orang itu tidak jadi melompat dari sebuah bangunan.

Setelah mengamankan pria bersenjata pisau itu, Anirut mengatakan ia menepati janjinya untuk memberikan pria itu gitar. Sementara lelaki itu didakwa atas kasus membawa senjata tanpa izin.

Berikut ini rekaman saat polisi Thailand itu memeluk pria yang menodongkan pisau:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Unik