Sukses

6 Penampakan Hantu yang Diabadikan Kamera

Sejumlah penampakan diduga hantu terekam kamera, diabadikan dalam foto atau video. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta - Anda percaya adanya hantu? Jika memang percaya, maka gambar-gambar berikut ini mungkin akan membuat Anda yakin. 

Memang benar, sekarang ini sudah ada perangkat lunak komputer untuk merekayasa foto agar mirip seperti asli. Jadi, mereka yang tidak percaya adanya hantu menduga ada rekayasa.

Tapi, foto-foto berikut mungkin dapat mengubah pikiran. Yang penting, biarkan pikiran terbuka lebar terhadap berbagai kemungkinan-kemungkinan yang tidak bisa diterangkan secara logika.

Ada hal-hal yang memang tidak bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan. Seperti dikutip dari therichest.com pada Sabtu (1/7/2017), sejumlah foto berikut cukup misterius. Silahkan membuat keputusan sendiri:

 

Saksikan video menarik berikut ini:


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Hantu di Cafe 

(Sumber therichest.com)

Dan Clifford (35), pemilik Curiositeaz Vintage Tea Room di Perth, Australia, kaget melihat sosok wanita berkeliaran dalam kafe yang sudah tutup terekam kamera CCTV. Sosok itu kemudian perlahan-lahan menghilang.

Pada awalnya Clifford menduga ada orang menerobos masuk. Tapi, setelah diamati, sosok itu ternyata tembus pandang. Kamera perekamnya memiliki sensor gerakan sehingga tetap merekam di tengah malam.

Menurutnya, sejumlah karyawan juga pernah mengalami hal-hal aneh sebelum terjadinya rekaman itu. Ada yang mendengar suara-suara, ada yang melihat kursi-kursi bergeser. Beberapa karyawan lain juga merasakan kehadiran wanita tersebut.

Clifford memang percaya adanya hantu dan beberapa spesialis telah memeriksa rekaman. Mereka menemukan bahwa buktinya cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa hantunya memang ada.

3 dari 7 halaman

2. Biarawan Newby

(Sumber therichest.com)

Citra ini menjadi salah satu gambar hantu yang paling terkenal. Pendeta K.F. Lord menangkap gambar itu di Gereja Newby di North Yorkshire, Inggris, pada 1963.

Citra itu telah ditelaah para ahli karena sempat diduga palsu. Yang menarik, tidak seperti dibantah orang, tidak ada eksposur ganda pada foto itu.

Dalam foto kontroversial itu, sosoknya terlihat setinggi 2,7 meter. Tidak ada biarawan di sana yang setinggi itu. Tapi kakinya tidak kelihatan sehingga ia diduga berdiri di atas sesuatu dan tinggi sesungguhnya tidak diketahui.

Foto itu berjudul "Newby Monk or the Spectre of Newby Church." Menurut beberapa orang, hantu dalam gambar itu mungkin seorang biarawan Abad ke-16 berdasarkan tampilannya.

4 dari 7 halaman

3. Menampilkan Diri

(Sumber therichest.com)

Ini adalah salah satu foto paling aneh yang menangkap wajah hantu secara jelas. Hantu memang diketahui sering menampilkan diri dalam foto.

Harry Dack mengambil foto ini pada 1967 di halaman belakang rumahnya di Carlin How, North Yorkshire. Ia sedang mengambil foto cucunya yang sedang bergaya dengan seekor anjing.

Wanita misterius dalam foto sedang menengok ke arah cucunya, Neil, dan anjingnya, Kelly. Anjing memang diketahui mampu merasakan kehadiran hantu, tapi anjing dalam foto menoleh ke arah lain.

Tidak jelas apakah anjing itu sebenarnya sedang ketakutan, tapi remaja putra dalam foto tampak cukup bahagia. Ia diduga tidak menyadari kehadiran orang lain di dekatnya. Hingga sekarang, sosok wanita itu tidak dikenali.

5 dari 7 halaman

4. Wanita di Jendela

(Sumber therichest.com)

Foto tahun 2009 ini diambil di Tremont, Cleveland. Tampak beberapa orang sedang bekerja di tempat konstruksi. Rumah dalam foto diduga dibeli seseorang yang kemudian mempekerjakan para pekerja konstruksi untuk mengerjakan rumah itu.

Ketika foto diambil oleh salah satu pekerja, mereka sedang bekerja di atap. Dalam gambar,tampak seorang nenek berbaju putih berdiri di jendela sambil memperhatikan para pekerja.

Ternyata, wanita itu pernah tinggal di rumah tersebut dan ia meninggal dunia 3 bulan sebelum pengambilan foto. Rumah itu sendiri benar-benar kosong ketika dilakukan pengerjaan. Para pekerja yakin tidak ada orang di sana ketika fotonya diambil.

6 dari 7 halaman

5. Prajurit Samurai

(Sumber therichest.com)

Sosok hantu prajurit samurai diduga terambil dalam foto yang diambil di pantai Zushi, Kanagawa, Jepang, dengan menggunakan telepon pintar Samsung Galaxy. Tempat pengambilan foto diduga cukup dekat dengan beberapa makam prajurit yang gugur dalam pertempuran.

Anak itu adalah anggota keluarga Kanada yang berlibur. Kemudian, salah satu sahabat keluarga mengunggah foto ke Reddit karena si ayah merasa janggal dengan tampilan foto. Sahabat yang mengunggah menengarai tidak mungkin foto itu direkayasa Photoshop karena ia mempercayai temannya.

Tidak ada orang di sekitar keluarga ketika foto itu diambil. Foto itu merupakan 1 di antara 5 foto yang diambil dalam waktu 2 menit. Seorang pengguna Reddit menduga tampilan itu adalah kaki-kaki seorang prajurit samurai.

7 dari 7 halaman

6. Sang Kekasih

(Sumber therichest.com)

Pada 17 Agustus 1997, Denise Russell mengambil foto neneknya yang berumur panjang dan baru meninggal pada usia 94 tahun. Saat itu, tubuh si nenek sudah lemah dan otaknya tidak lagi bekerja dengan baik.

Ia kemudian dipindahkan ke panti jompo agar bisa menjalani hidup secara aman. Panti itu mengadakan piknik bagi para penghuninya dan orang-orang mengambil foto-foto seperti biasanya.

Tapi, foto yang satu ini istimewa sekaligus mengejutkan. Di belakang wanita tua itu jelas terlihat seorang pria. Pria itu adalah kakek dari si pengambil foto.

Yang mengagetkan adalah, walaupun foto itu diambil 1997, si kakek sudah meninggal 13 tahun sebelumnya, pada 1984. Foto itu menjadi lambang cinta abadi si hantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.