Sukses

Ini Bukti Penampakan Pesawat Alien di Planet Mars?

Banyak yang menduga benda itu dibuat oleh alien, sedangkan pihak lain menyebutnya sekadar puing dari pendaratan wahana.

Liputan6.com, Jakarta - Wahana penjelajah Rover milik NASA mengambil foto sebuah benda di permukaan planet Mars yang langsung ditanggapi oleh para penggemar teori konspirasi sebagai bukti adanya alien.

Citra resolusi tinggi itu menampilkan benda yang seperti berkilau dibandingkan dengan bentang alam yang berbatu.

Banyak yang menduga benda itu dibuat oleh alien, sedangkan pihak lain menyebutnya sekadar puing dari pendaratan wahana penjelajah itu sendiri.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (29/6/2017), citra itu diambil pada Maret lalu dan baru diunggah ke Reddit dalam minggu ini. Tampilannya langsung memicu perbincangan seru.

Pengguna yang pertama mengunggahnya adalah Prosaic Origin. Ia menuliskan, "Eh, NASA? UFO terekam oleh misi Mars Rover? Benarkah ini?"

Unggahannya menerima 79 tanggapan, kebanyakan mendukung dugaannya bahwa itu adalah karya alien.

EdisonVonneZula mengatakan, "Terlihat seperti kilatan pesawat angkasa di planet lain di angkasa luar."

Crazylegs99 menimpali, "Mereka lupa menghapusnya dengan Photoshop. Lihatlah sikap yang skeptis itu."

"Bisa saja ada alien melambaikan tangan melalui jendela dan bisa saja ditandai sebagai biasa-biasa saja."

Tapi tidak semua sepakat. Seorang pengguna menuliskan, "Kita tahu bahwa Rover telah mengambil gambar serpihan-serpihannya saat pendaratan."

"Setidaknya, menurut pendapat saya, tidak ada unsur alien tentang benda yang dipertanyakan."

Nigel Watson, penulis "UFO Investigations Manual" menjelaskan kepada MailOnline, "Bisa saja tampak seperti pesawat angkasa, tapi seperti biasa gambarnya di luar fokus dan tidak ada acuan untuk menegaskan besar atau kecilnya benda itu."

"Satu penjelasannya adalah bahwa benda itu sekadar puing dari Mars Rover itu sendiri atau dari sistem pendaratan."

"Sebelum kita mendapat informasi lebih rinci, ini adalah satu lagi kasus berharap-harap."

Ini bukan pertama kalinya para penggemar teori konspirasi mengaku bahwa gambar yang diambil Curiosity menunjukkan tentang alien.

Sebelumnya, para pemburu alien menyebutkan bahwa rover itu telah mengambil gambar tulang paha mencuat dari permukaan planet merah itu.

Gambar-gambar itu ditayangkan dalam video unggahan kelompok Martian Archeology dengan melampirkan beberapa citra lain dari Curiosity seakan membeberkan "tanda-tanda kehidupan."

Misalnya disebutkan adanya tanda-tanda keberadaan jamur dan kehidupan biologis lain di Mars. Tentu saja para penggemarnya berkomentar.

Akun dengan nama TJ Devereaux menuliskan, "Setelah penelitian selama bertahun-tahun, ada lebih banyak hal di Mars yang enggan diakui NASA."

"Saya yakin bahwa kehidupan, air, dan bentuk kehidupan cerdas pernah ada di planet itu dan masih ada dalam jumlah yang jauh lebih kecil."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.