Sukses

Barack Obama Batal Kunjungi Keraton Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama batal mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Informasi tersebut disampaikan oleh Tepas Keprajuritan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kanjeng Raden Tumenggung Kusumonegoro.

"Kunjungan Obama ke keraton resmi dibatalkan. Pihak Obama sudah mengirimkan surat ke Ngarso Dalem (Sultan, red.) bahwa kunjungannya ke Keraton Yogyakarta batal," ujar Kusumonegoro yang mengaku memperoleh informasi langsung dari sekretaris keraton di Yogyakarta pada Sabtu, 24 Juni 2017.

"Saya juga tidak tahu pembatalan kunjungan ini apakah juga terjadi di objek-objek lain yang akan dikunjungi," kata Kusumonegero seperti dikutip dari Antara, Senin (26/6/2017).

Menurut dia, pembatalan itu baru saja disampaikan pihak Barack Obama pada Sabtu siang. Ia mengaku belum mengetahui alasan pembatalan itu.

Padahal, menurutnya, pihak keraton telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut mantan Presiden Amerika Serikat itu, termasuk mempersiapkan katering khusus. Sebelumnya, Obama dijadwalkan akan mengunjungi keraton pada malam hari.

Pagar penutup area proyek di sekitar Bangsal Kencono, berada di Kompleks Keraton, yang saat ini masih dalam masa renovasi juga telah dibuka sementara.

Menurut Kusumonegoro, Bangsal Kencono menjadi tempat andalan keraton untuk mempersembahkan jamuan makanan dan tarian kepada para tamu kenegaraan atau tamu kehormatan lainnya.

Sementara itu, untuk jadwal kunjungan ke Candi Prambanan dan Taman Tebing Breksi, pihak berwenang belum menerima adanya informasi perubahan.

Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto mengatakan, pihaknya belum mengetahui informasi adanya perubahan agenda kunjungan Obama ke DIY yang rencananya akan berlangsung mulai 28 hingga 30 Juni itu.

"Belum tahu karena penyampaian ke Polda DIY jadwal kunjungan itu memang masih tentatif," kata dia.

Sebelum berkunjung ke Yogyakarta, sejak 23 lalu Barack Obama beserta istri dan anaknya telah tiba di Bali. Selama di Pulau Dewata, Obama menginap di Hotel Four Seasons yang berada di Ubud.

Di sana, mereka dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Istana Tampak Siring, Pura Tirta Empul, Nusa Dua, Pantai Pandawa, Uluwatu, Bedugul, dan Pura Tanah Lot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.