Sukses

Perdana, Presiden Xi Jinping Akan Kunjungi Hong Kong

Liputan6.com, Hong Kong - Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan resmi perdananya ke Hong Kong pada Kamis, 29 Juni waktu setempat. Kedatangannya untuk memperingati 20 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.

Kunjungan Presiden Xi tersebut diperkirakan akan disambut demonstrasi besar-besaran oleh aktivis pro demokrasi. Selama ini mereka mengkritik meningkatnya pengaruh Beijing atas Hong Kong.

Presiden Xi dikabarkan akan berada di Hong Kong hingga 1 Juli di mana pada hari itu ia dijadwalkan akan menghadiri sebuah upacara dan melantik pemimpin baru Hong Kong, Carrie Lam.

Lam mencatat sejarah sebagai pemimpin perempuan pertama Hong Kong. Ia terpilih pada Maret lalu.

Selain itu, Presiden Xi dilaporkan juga akan mengunjungi sebuah garnisun Tentara Pembebasan Rakyat China yang ditempatkan di Hong Kong.

Seperti dilansir USA Today, Minggu (26/6/2017), selama kunjungan Xi keamanan tinggi akan diterapkan dengan lebih dari sepertiga dari 29.000 tentara akan disiagakan sepanjang waktu. Ini disebut sebagai operasi keamanan terbesar di Hong Kong sejak penyerahan wilayah tersebut pada 1997.

Pasukan keamanan Hong Kong telah menjalani latihan anti-terorisme dan latihan pengendalian huru-hara dalam minggu-minggu menjelang acara "ulang tahun"nya ke-20.

Slogan politik dan spanduk akan dikontrol ketat selama kunjungan Xi. Media berbahasa China di Taiwan, Ming Pao News, melaporkan bahwa gambar atau slogan yang menuntut hak pilih universal atau memperingati pembantaian di Lapangan Tiananmen akan "ditiadakan".

Inggris menyerahkan Hong Kong ke China pada 1997 setelah lebih dari satu abad menguasai wilayah itu. China menyetujui kebijakan "satu negara, dua sistem" atas Hong Kong di mana Beijing akan membiarkan kota itu mempertahankan sistem ekonomi dan politik. Namun, para aktivis menilai Tiongkok melanggar aturan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.