Sukses

Hari Raya Idul Fitri, PM Inggris Serukan Persatuan

Liputan6.com, London - Berakhirnya bulan suci Ramadan disambut dengan sukacita oleh seluruh umat muslim dunia. Biasanya hari kemenangan dirayakan dengan menunaikan sSalat Id, berkumpul dengan keluarga, dan menyantap panganan khas Lebaran.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama telah mengumumkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari ini. Beberapa negara lainnya juga menetapkan hari yang sama seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Yaman, yakni pada Minggu 25 Juni 2017.

Sehubungan dengan perayaan tersebut, sejumlah tokoh dunia turut mengucapkan selamat hari raya kepada seluruh umat muslim. Salah satunya adalah Perdana Menteri Inggris May May.

Pesan itu ia sampaikan melalui akun resmi Twitter-nya @Number10gov. May turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada muslim yang bermukim di Inggris dan seluruh dunia.

Ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Perdana Menteri Inggris Theresa May (Twitter/@Number10gov)

"Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim di Inggris dan seluruh dunia. Saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada lebih dari tiga juta umat muslim Inggris yang telah memberi kontribusi dan nilai-nilai berharga untuk negeri," ujar May.

May juga menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah momen yang sangat spesial. Berawal dari satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu, kemudian diakhiri dengan kemenangan.

Perdana Menteri Inggris itu menilai, bulan Ramadan adalah salah satu cara manusia untuk mengintrospeksi diri.

May menyampaikan Negeri Ratu Elizabeth itu bangga dengan keberagaman rakyat di negaranya. Terdapat banyak ras dan keberagaman kepercayaan.

"Selama satu bulan terakhir, banyak muslim Inggris yang berbagi rezeki kepada masyarakat yang berbeda keyakinan. Membantu beberapa komunitas dan menjalankan buka puasa bersama demi terciptanya rasa toleransi," ujar May.

Tak hanya itu, Theresa May juga menanggapi permasalahan teroris yang melanda Inggris beberapa waktu yang lalu.

"Saya juga merasa sedih ketika terjadi hal-hal buruk yang menimpa Inggris beberapa waktu yang lalu. Salah satunya serangan mobil yang menimpa jemaah di masjid Finsbury Park. Dan itu adalah serangan teroris kedua yang terjadi di Inggris dalam satu bulan," ujar May.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 51 detik itu, May menganggap serangan yang terjadi memiliki motif lain untuk memisahkan dan memecah belah persatuan bangsa. Ia juga mengatakan benih-benih kebencian dan kejahatan tak akan pernah berhasil melawan niat baik.

Sebagai penutup, Theresa May kembali mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan berharap hal itu bisa jadi momen persatuan dan kesatuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.