Sukses

Mesranya Obama dengan 2 Presiden Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Barack Obama tercatat pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia semasa menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Salah satunya pada era SBY, tahun 2010 dan 2014 lalu.

Keduanya terlihat akrab dalam pertemuan itu.

Selain itu, Obama juga pernah mengundang Presiden Jokowi ke Gedung Putih. Keduanya pun terlihat santai bercengkerama pada 26 Oktober 2015.

Pada akhir Juni ini, Obama juga dijadwalkan akan mudik ke Indonesia bersama keluarganya.

Berikut ini ulasan kemesraan Obama dengan dua pemimpin Indonesia, yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber pada Kamis (22/6/2017):

1. Obama dan Presiden SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menggelar pertemuan bilateral, Jumat 18 November 2014 petang, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-19.

Menurut informasi dari Biro Pers dan Media Rumah Tangga Kepresidenan, pertemuan bilateral itu berlangsung sekitar satu jam dilaksanakan di Ruang Uluwatu 1 Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Pertemuan bilateral itu adalah yang kedua kalinya sejak kunjungan Presiden ke-44 AS tersebut ke Indonesia pada November 2010, untuk membicarakan sejumlah hal terkait hubungan Indonesia-AS.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbincang dengan Presiden AS Barack Obama ketika menghadiri Plenary Sesion Pertama KTT G.20 yang berlangsung di Gedung COEX, Seoul, Korea Selatan.(Antara)

Kemungkinan besar, Obama bakal kembali menyodorkan ide blok perdagangan Trans-Pasific Partnership (TPP). Hal ini sudah sempat dikemukakannya dalam KTT APEC di Honolulu, Hawaii, pekan silam.

Di antara negara ASEAN, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan Vietnam sudah menyatakan diri bergabung dengan blok tersebut.

Di Hawaii, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan, Indonesia menolak ajakan tersebut. Alasannya, Indonesia belum siap. "Masih banyak yang harus dipelajari pemerintah terkait tawaran ini," kata Gita.

Sebelumnya, Obama juga memberikan pujian kepada SBY dalam acara serah terima posisi Ketua OPG dari Indonesia kepada Meksiko yang dilakukan dalam acara High Level Meeting OPG Event di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu sore waktu setempat atau Kamis pagi 25 September waktu di Indonesia.

"Selamat, Bapak," kata Presiden Obama dalam bahasa Indonesia. "Saya memuji kepemimpinan Anda dalam membawa Indonesia menuju transisi demokrasi," Obama menambahkan dalam bahasa Inggris seperti dikutip dari laman presidenri.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Obama dan Presiden Jokowi

Menggunakan mobil tamu kenegaraan dan didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja, Presiden Joko Widodo tiba di Gedung Putih pada Senin sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Kedatangan Presiden Jokowi untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Jokowi berada di Gedung Putih untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Obama sampai sekitar pukul 15.40 waktu setempat.

Kunjungan itu merupakan kunjungan kerja Jokowi yang pertama sejak dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014.

Presiden AS Barack Obama dan Presiden RI Jokowi berjabat tangan di Gedung Putih, Washington, Senin (26/10). Obama menyatakan siap memperkuat kerja sama dengan Indonesia mengingat Indonesia memainkan peran penting di Asia Tenggara. (REUTERS/Jonathan Ernst)

Pertemuan dilakukan di Oval Office. Jabat erat keduanya pun terabadikan dalam jepretan foto awak media di sana.

Senyum ramah antara Obama dan Jokowi terpancar dari raut wajah mereka. Pada kesempatan itu, suami Michelle Obama itu sempat mengajak Jokowi berkeliling Gedung Putih.

Jabat tangan dan ucapan selamat jalan mengakhiri pertemuan Presiden Jokowi dan Obama di Gedung Putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini