Sukses

21-6-1982: Putri Diana Lahirkan Pewaris Kedua Takhta Inggris

Liputan6.com, London - Pernikahan agung mendiang Putri Diana dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 merupakan peristiwa yang masih dikenang banyak warga dunia hingga kini. Momen sakral tersebut setidaknya disaksikan secara global melalui televisi oleh 750 juta orang.

Kurang lebih satu tahun berikutnya, kabar bahagia kembali datang dari pasangan ini. Buah cinta pertama mereka terlahir dengan sempurna.

Sepekan setelah kelahirannya, pihak Istana Buckingham mengumumkan bayi laki-laki tersebut diberi nama William Arthur Philip Louis. Kini ia akrab disapa Pangeran William.

Putri Diana yang bergelar Princess of Wales menjalani proses persalinan setelah kurang lebih 16 jam berada di Rumah Sakit St Mary di London. Putra sulungnya lahir pada pukul 21.03 waktu Inggris dengan berat tiga kilogram lebih.

Pangeran Charles ikut mengantar dan menunggui Putri Diana selama di rumah sakit. Keduanya berangkat dari kediaman mereka pada pukul 05.00 waktu Inggris. Demikian seperti dilansir BBC History.

Kelahiran William merupakan peristiwa penting mengingat ia berada pada urutan kedua pewaris takhta monarki Britania Raya.

Di luar rumah sakit, warga berkumpul. Mereka antusias menunggu kabar kelahiran sang pangeran. Beberapa orang bahkan rela menginap. Buket bunga tak henti berdatangan ke rumah sakit.

Tak hanya di luar rumah sakit, massa juga berkumpul di luar Istana Buckingham.

Kegembiraan jelas meliputi keluarga kerajaan Inggris, termasuk Ratu Elizabeth II. Kala Diana melahirkan, sang ratu diketahui tengah bertugas memeriksa resimen Angkatan Udara Inggris (RAF) yang berulang tahun ke-40 di Wittering, Cambridgeshire.

Seorang pejabat istana mengatakan, ratu "sangat senang" mendengar sang cucu telah lahir meski peristiwa itu terjadi lebih cepat beberapa hari dari yang diprediksikan. Bertanggung jawab atas proses persalinan Putri Diana adalah George Pinker, ahli ginekologi Ratu Elizabeth II. Ia juga yang merawat Diana selama masa kehamilannya.

Wajah bahagia Diana dan Charles diabadikan saat pasangan ini keluar dari rumah sakit. Sang putri mengenakan baju warna hijau cerah dengan motif polkadot, ia menggendong William, sementara suaminya berdiri di sisinya.

William kini telah berusia 35 tahun. Ia menikahi Kate Middleton, teman semasa kuliahnya di University of St Andrews. Pasangan ini mengikat janji sehidup semati pada 29 April 2011.

Setelah menikah, William dan Kate masing-masing bergelar Duke of Cambridge dan Duchess of Cambridge. Pasangan ini dikaruniai dua buah hati, yaitu Pangeran George dan Putri Charlotte.

Sejarah mencatat pada tanggal yang sama tahun 1990, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang Iran. Lindu menyebabkan 50.000 orang tewas dan 135.000 lainnya terluka.

Sementara itu, 21 Juni 1905 diketahui merupakan hari lahir bagi filsuf dan sastrawan dunia asal Prancis, Jean-Paul Sartre.

Artikel Selanjutnya
Heboh Prediksi Nama Calon Anak Ketiga Kate Middleton