Sukses

Ini 4 Hantu Mengerikan Asal Indonesia yang Mendunia

Liputan6.com, Jakarta - Konon gambaran rupa menyeramkan dan suara mengerikan menjadi salah satu alasan mengapa hantu begitu ditakuti banyak orang. Tak sedikit yang lari terbirit-birit kala merasakan keberadaan sosok tersebut.

Di Indonesia, salah satu hantu yang paling dikenal adalah kuntilanak. Keberadaannya bahkan pernah dilaporkan terlihat di negara lain.

Belum lama ini, kesurupan masal yang terjadi di sebuah sekolah di Malaysia bahkan diklaim akibat keberadaan hantu yang kerap muncul di Indonesia.

Masih ada beberapa hantu di Tanah Air lainnya yang diklaim pernah terlihat di belahan negara lain. Apa saja?

Berikut ini di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber pada Selasa (20/6/2017):

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kuntilanak

Menurut salah satu situs pencarian, kuntilanak yang dalam bahasa Melayu disebut Pontianak atau Puntianak atau sering disingkat kunti, adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anaknya belum sempat lahir.

Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak".

Sosoknya kerap digambarkan sebagai wanita berbaju putih, bermuka seram dan berambut panjang, serta dengan suara tawa khas yang melengking.

Salah satu negara yang mengklaim pernah melihatnya adalah Malaysia.

19 April 2016 lalu, lebih dari 100 siswa dari 4 sekolah berbeda di Kota Bharu, Malaysia mengalami histeria atau kesurupan massal selama seminggu terakhir.

Sosok hitam yang berhasil diambil oleh salah satu siswa (Twitter/Philip Golingai).

Beberapa siswa di sebuah sekolah yang mengklaim mengalami kerasukan saat kesurupan massal, mengaku telah melihat hantu sebelum kejadian tersebut.

Seperti yang dikutip dari AsiaOne saat itu, mereka mengaku telah melihat sebuah sosok hantu perempuan sebelum pingsan. Dalam bahasa setempat, memedi tersebut dikenal sebagai 'pontianak' atau kuntilanak.

Kesurupan massal berawal di SMK Pengkalan Chepa 2 pada 11 April 2011. Kejadian tersebut dilaporkan dialami lebih dari 100 siswa dan guru.

Atas kejadian tersebut, pihak sekolah memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar hingga tiga hari.

3 dari 5 halaman

2. Jelangkung

Jelangkung adalah sebuah permainan tradisional Nusantara yang bersifat ritual supranatural. Permainan ini umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil arwah.

Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus atau entitas supranatural yang dipanggil dalam permainan Jelangkung adalah sebuah gayung air, yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa dan didandani pakaian serta bergagang batang kayu.

Media serupa yang dikenal dengan papan ouija pernah digunakan para siswa di Peru pada akhir Mei 2016 lalu. Usai bermain memanggil arwah penasaran dan roh untuk menghantui sekolah mereka, dilaporkan para pemainnya kesurupan massal.

Kabarnya sekolah itu pernah digunakan sebagai kuburan massal oleh mafia.

Dalam sebuah video rekaman digambarkan sejumlah siswa dan siswi berteriak-teriak dan berguling-guling di lantai ruangan kelas mereka.

Nekat Bermain 'Ouija' di Sekolah, Ratusan Murid Kesurupan Massal (News.com)

Para guru dan murid lainnya terlihat sibuk mencoba menenangkan dan bergantian mengangkat korban kerasukan. Beberapa siswa yang kesurupan berusaha dibawa menuju sebuah mobil yang sudah disediakan di halaman sekolah.

Sebanyak 22 orang siswa sekolah khusus perempuan di Choco, Kolombia, mengalami histeria atau dikenal dengan kesurupan massal ketika bermain 'Charlie Charlie'.

Kejadian yang menimpa siswa berumur 12 hingga 15 tahun itu sempat diabadikan melalui sebuah video. Dalam rekaman itu memperlihatkan korban 'kesurupan' berteriak dan menggeliat di lantai.

4 dari 5 halaman

3. Hantu 'Ourang Medan'

Dalam dua bulan, 13 kapal kayu terdampar di perairan Jepang. Tak ada yang mengemudikannya. Saat didekati, ditemukan jasad-jasad para pelaut yang sudah terurai parah, hingga mengelupas, menunjukkan tengkorak dan kerangka di dalamnya.

Itu adalah insiden 'kapal hantu' -- bahtera yang ditemukan kosong atau hanya berisi jasad manusia di dalamnya.

Kisah serupa pernah terjadi di Selat Malaka. Melibatkan kapal dari Indonesia, yang kala itu masih bernama Hindia Belanda. 

Suatu hari di bulan Juni 1947, 2 kapal Amerika yang sedang berada di Selat Malaka -- City of Baltimore dan Silver Star -- menerima pesan darurat dari kapal dagang milik Belanda, SS Ourang Medan. Atau 'Orang Medan'.

Seorang operator di kapal Ourang Medan mengirimkan kode Morse. Isinya: "Semua awak kapal, termasuk kapten terbaring sekarat di ruang peta (chartroom) dan anjungan. Mungkin semuanya telah meninggal dunia."

Kemudian kalimat terakhir diterima. "Aku mati," seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat 4 Desember 2015. Setelah itu pesan radio terputus.

Ilustrasi SS Ourang Medan (toptenfamous.com)

Pesan mengerikan tersebut juga didengar pos pemantauan milik Belanda dan Inggris yang ada di sekitar Selat Malaka.

Kemudian, para operator radio penerima berusaha melacak sumber sinyal dan menentukan bahwa pesan tersebut datang dari SS Ourang Medan, yang juga ada di Selat Malaka.

Kapal Silver Star adalah yang terdekat. Nakhodanya lalu memutar haluan untuk mendekati lokasi Ourang Medan. Mereka menemukan kapal itu terapung-apung di lautan.

Yang mengerikan, jasad-jasad para krunya bertebaran di dek. Semuanya dalam kondisi mengerikan: mata terbelalak. Ekspresi ketakutan dan horor terlihat jelas dalam wajah-wajah beku. Pun dengan anjing kapal yang ditemukan mati.

Awak kapal AS, Silver Star yang melakukan pengecekan tak menemukan tanda-tanda kekerasan, tak ada darah yang merembes, tiada tanda-tanda perlawanan.

Kapten Silver Star memerintahkan agar tali pengeret dipasangkan ke Ourang Medan, agar kapal tersebut bisa ditarik ke pelabuhan terdekat, agar aparat bisa menyelidiki apa gerangan penebar maut di bahtera tersebut.

Namun, sebelum niatan itu terlaksana, asap tebal mengepul dari bagian kapal. Kemudian, ledakan terjadi. Ourang Medan pun tenggelam. Semua bukti-bukti karam ke dasar laut.

Legenda Ourang Medan menyebar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Dijadikan artikel majalah-majalah spesialisasi kisah misteri. Sebuah laporan resmi terkait kapal itu bahkan muncul dalam "Proceedings of the Merchant Marine Council" US Coast Guard edisi Mei 1952.

Spekulasi bermunculan soal kejadian aneh yang menimpa Ourang Medan. Dari keracunan karbon monoksida, kargo berbahaya, sampai fenomena paranormal yang melibatkan UFO hingga makhluk halus.

Atau, jangan-jangan, itu hanya legenda.

5 dari 5 halaman

4. Pocong

Pengguna media sosial digemparkan dengan kejadian aneh yang terjadi di sebuah rumah sakit.

Seperti dikutip dari Asia One, Senin 29 Mei 2017, penampakan terjadi saat seorang pasien yang sedang terbaring di atas ranjangnya terlihat dalam kondisi tak berdaya di ruang ICU.

Dalam rekaman video, terlihat sesosok bayangan berwarna cokelat yang sedang mondar-mandir di pinggir ranjang sang pasien.

Ilustrasi Pocong | Via: keepo.me

Video yang tengah beredar melalui Facebook ini diunggah oleh sebuah akun bernama 'Kumpulan Berbagai Macam Video'. Tidak diketahui siapa pemilik akun Facebook tersebut.

Namun dari berbagai riwayat informasi yang telah dibagikan, akun tersebut kerap kali mengunggah kejadian lucu, menyeramkan, dan tutorial dalam bentuk foto maupun video.

Akun yang bernama 'Kumpulan Berbagai Macam Video' terlihat sudah populer di kalangan pengguna media sosial.

Berikut ini rekaman penampakan tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.