Sukses

Buka Puasa di Kota Tua, Dubes Inggris Jajan Gorengan

Liputan6.com, Jakarta - Menu buka puasa Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik ternyata tidak beda jauh dengan masyarakat Jakarta. Kurma, sop buah, kolak, dan gorengan jadi favoritnya. 

 

Sebelum berbuka di kawasan Kota Tua, Minggu, 18 Juni 2017, ia tak lupa menghampiri gerobak pedagang gorengan. Cireng, bakwan, dan risol jadi pilihan Dubes Moazzam.

Saat pedagang memasukkan gorengan pilihannya dalam kantung kertas, Dubes Inggris meminta cabai rawit sebagai pelengkap.

"Saya suka buka puasa dengan gorengan," ucap Dubes Moazzam di area depan Museum Fatahilah.  

Duta Besar Inggris Moazzam Malik Jajan Gorengan di Kota Tua (Foto: Gempur M Surya/Liputan6.com)

Setelah azan Magrib berkumandang, usai doa berbuka puasa dilantunkan, Pak Dubes menikmati jajanan gorengan. 

Ia mengambil sebuah buah cireng dan cabai rawit dari bungkusnya. Cireng terlebih dulu yang digigit, baru pucuk cabai rawit hijau. Segelas es teh manis jadi pendamping.

Dubes Moazzam menceritakan, menyantap makanan pedas bukan sesuatu yang aneh bagi orang Inggris. Tidak hanya dirinya, ada banyak warga Negeri Ratu Elizabeth menyukai rasa pedas.

"Di Inggris, yang populer itu restoran Thailand, India dan China, makanannya (kebanyakan) pakai cabai dan pedas," ucap dia.

Saat ditanya soal beda puasa di Inggris dan Indonesia, Moazzam menarik kesimpulan, berpuasa di Indonesia lebih nikmat dibanding di negaranya.

Bukan cuma karena Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas Muslim. Waktu puasa yang jauh lebih singkat jadi salah satu alasan utamanya.

Dubes Inggris Moazzam Malik berpose untuk di foto saat menunggu berbuka puasa di kawasan Museum Fatahilah, Jakarta, Minggu (18/6). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

 

Dubes Moazzam juga menyatakan kekagumannya terhadap kawasan Kota Tua, yang menurut dia mirip dengan Eropa.

"Gedung-gedung di sini ya hampir sama seperti di Eropa, tapi masih lebih moderen. Di Eropa masih banyak yang lebih tua (bangunannya)," kata dia. 

Aksi Dubes Inggris Moazzam Malik belanja gorengan bisa dilihat selengkapnya di Liputan6 SCTV. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.