Sukses

Berenang Menyeberangi Sungai, Tentara Korut Membelot ke Korsel

Liputan6.com, Seoul - Seorang tentara Korea Utara kabur dari negaranya menuju Korea Selatan. Upayanya itu sungguh mendebarkan karena ia berenang menyeberang Sungai Han menuju Selatan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, tentara itu berenang melintasi bagian yang sangat sempit dari sungai yang berarus cepat. Tentara itu menempelkan busa ke pundaknya untuk membantunya tetap bertahan.

Dikutip dari BBC pada Senin (19/6/2017), itu adalah pembelotan kedua yang dilakukan tentara dari Korut ke Korsel dalam kurun waktu berdekatan.

Pekan lalu, seorang tentara Korea Utara melintasi perbatasan yang dijaga ketat yang memisahkan dua negara tersebut. Sebelumnya, pembelotan yang dilakukan oleh tentara Korea Utara juga pernah terjadi pada awal tahun lalu.

Sementara itu, pembelot terbaru yang berenang melintasi sungai, diperkirakan berusia awal dua puluhan. Ia terlihat di Gimpo, sebelah barat ibukota Seoul, kantor berita Yonhap melaporkan.

Dia berteriak "Jangan bunuh saya, saya di sini untuk membelot", kepada seorang Marinir Korea Selatan yang telah melihatnya, kata Yonhap.

Prajurit itu sekarang tengah diinterogasi oleh pejabat militer.

Korea Utara dan Selatan secara teknis masih berperang, karena konflik di antara mereka berakhir pada tahun 1953 dengan sebuah gencatan senjata, bukan sebuah perjanjian damai formal.

Seoul mengatakan, lebih dari 30.000 warga Korea Utara telah membelot ke Korea Selatan sejak berakhirnya Perang Korea, mayoritas melalui China, yang memiliki perbatasan terpanjang dengan Korea Utara.

 

Saksikan video propaganda Korea Utara berikut ini:

Artikel Selanjutnya
26 Wanita dan Anak-anak Rohingya Tewas Tenggelam Saat Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Atasi Kelaparan, Tentara Korut Menjarah Jagung dari Petani?