Sukses

3 Bukti Karma Baik yang Terjadi di Kehidupan Nyata

Liputan6.com, Jakarta - Di era modern seperti sekarang, tak sedikit orang yang masih percaya dengan kutukan. Namun banyak pula yang menganggap hal itu hanya isapan jempol di sebuah negeri dongeng.

Sebenarnya, konsep karma sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Bahkan, semenjak penyebaran agama Hindu dan Buddha. Karma sendiri berasal dari bahasa Sanskerta. 'Karman' yang berarti tindakan dan 'Pali' yang berarti aksi.

Berbicara mengenai karma, sama halnya ketika membahas seputar aksi dan reaksi. Konkretnya suatu tindakan akan menghasilkan suatu efek tersendiri.

Dari manakah efek itu berasal? Tentu jawabannya dari diri sendiri. Secara sederhana, karma berarti suatu konsekuensi yang diterima karena kelakuan atau perbuatan si manusia sendiri.

Hasil atau buah dari tindakan itu disebut karmaphala.

Ada yang menyangkutpautkan karma dengan sesuatu hal buruk. Pun tak sedikit yang percaya, bahwa karma merupakan balasan bagi perbuatan seseorang di masa lalu. Contohnya, seorang pria yang merebut kekasih temannya sendiri diyakini akan mengalami kejadian serupa di masa mendatang.

Namun, tak semua karma itu berbuah pahit. Ibaratnya, jika menanam benih kebaikan tentu akan mendapat buah yang manis di masa depan.

Kalau berbuat baik maka balasannya pun setimpal dengan perbuatan tersebut. Menolong tanpa pamrih adalah salah satu contoh dari buah manis tersebut.

Karma baik memang tak cepat dirasakan, tetapi suatu hari nanti akan ada saatnya kebahagiaan itu datang. Asal ikhlas dalam membantu, cekatan dalam bekerja dan sungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan.

Dikutip dari laman Listverse.com, Sabtu (17/6/2017) berikut 3 bukti nyata karma baik yang terjadi di kehidupan nyata:

1 dari 4 halaman

1. Donor Hati Berujung Cinta

Kisah bermula saat Christopher Dempsey menyerahkan separuh hatinya untuk seorang wanita yang belum pernah ia temui sebelumnya. Pria itu mendengar kisah haru sang wanita dari rekan kerjanya.

Saat berbincang, rekan kerja Dempsey menceritakan kisah sepupunya yang mengidap kanker hati stadium empat. Wanita itu membutuhkan transplantasi hati. Namun, tak hanya dia yang membutuhkan donor. Ada 119.000 orang yang masuk daftar transplantasi hati sebelum dirinya.

Padahal, dokter telah memvonis dirinya hanya dapat bertahan hidup selama dua bulan saja.

Christopher Dempsey dan Heather Krueger melangsungkan pernikahan (Facebook/Christopher Dempsey)

Dempsey tak mengenal keluarga perempuan dengan dekat, tetapi tak ada alasan baginya untuk mengurungkan niatan baik tersebut. Kemudian ia menuju ruang pemeriksaan untuk menguji apakah hatinya bisa didonorkan. Saat dokter menyatakan cocok, pria tersebut langsung setuju untuk mendonorkan setengah hatinya kepada si wanita.

Wanita pengidap kanker tersebut diketahui bernama Heather Krueger. Dalam hati, Dempsey berniat akan menemuinya setelah proses operasi selesai.

Ketika hal itu terwujud, mereka berdua saling jatuh cinta. Setelah proses penyembuhan selesai dan Krueger dinyatakan sehat kembali, keduanya pun berkencan.

Pada tahun 2016, Chris Dempsey akhirnya menikahi Heather Krueger, wanita yang pernah ia selamatkan hidupnya. Kini keduanya hidup bersama, di mana hati sang pria selalu tertanam di tubuh sang wanita.

2 dari 4 halaman

2. Kejujuran Pengemis 'Berbuah Manis'

Billy Ray Harris mengisi hari-harinya di kota Kansas dengan meminta belas kasihan kepada orang lain. Tangannya selalu ditadahkan sembari menunggu kemurahan hati warga.

Haris sangat membutuhkan uang demi dirinya.

Suatu hari, seorang wanita muda bernama Sarah Darling bermaksud memberikan kepingan koin ke dalam cangkir penadah uang milik Haris.

Bukannya uang yang jatuh melainkan cincin berlian mengilap yang masuk ke cangkir milik tunawisma itu.

Sayangnya, Sarah tak menyadari perhiasannya jatuh. Ia berlalu begitu saja meninggalkan pengemis yang ia tolong.

Bagai tertimpa durian runtuh, seperti itulah suasana hati Haris. Naluri pertama yang ia akan lakukan adalah menggadaikannya.

Ilustrasi pengemis (AFP)

Setiba di sana, pihak toko perhiasan menawarkan harga cincin sebesar US$ 4.000 atau senilai Rp 53 juta. Belum lagi cincin itu dijual, perasaan bersalah malah menyelimuti Haris.

Niatan baik malah muncul. Setiap hari ia membawa cincin sembari menunggu kemunculan Sarah. Saat bertemu dengannya, Haris pun menanyakan apakah ia kehilangan cincin?

Bahagia bukan kepayang, Sarah merasa bersyukur sesaat cincin miliknya ditemukan kembali. Dalam sebuah situs online, wanita itu menceritakan kisah hidup Haris yang sudah lama terpisah dari keluarganya dan hidup luntang-lantung di jalanan.

Bahkan dalam tulisannya, Sarah meminta bantuan kepada warganet untuk menyumbang uang kepada Haris.

Cerita ini mulai tersebar luas. Akhirnya Haris dapat bertemu kembali dengan keluarganya yang bertahun-tahun tak ia temui. Ketika semua berakhir, kabar gembira malah didapati pria jujur itu.

Ia mendapat uang yang dikumpulkan oleh Sarah melalui situs online sebesar US$ 185.000 atau sekitar Rp 2,4 miliar .

Dengan uang sebanyak itu, Haris dapat membeli sebuah rumah dan mobil. Bahkan dana sebesar itu bisa mencukupi kehidupan keluarganya.

3 dari 4 halaman

3. Bocah Penolong

Pada tahun 1965, Roger, seorang anak laki-laki berusia empat tahun melakukan perjalanan ke sebuah pantai. Kala itu, Roger tengah berjalan sendirian ke tepi pantai dan mencoba untuk berenang.

Roger tak mengira jika ombak begitu tinggi dan menyeret tubuh kecilnya. Dalam kondisi itu, ia hanya bisa pasrah dan mengira hidupnya akan segera berakhir.

Akan tetapi, tiba-tiba muncul seorang wanita bernama Alice Blaise yang melihat Roger tengah dihantam ombak.

Tak pikir panjang, wanita itu langsung berlari menuju pantai dan masuk ke dalam air untuk menyelamatkan hidup bocah tersebut.

Ilustrasi Foto Tenggelam (iStockphoto)

Kisah menarik kemudian terjadi. 13 tahun kemudian Roger yang berada di pantai mendengar seorang wanita berteriak "Tolong, suami saya tenggelam".

Saat menoleh, Roger menyadari bahwa wanita itu adalah Alice, wanita yang pernah menyelamatkan hidupnya.

Singkat cerita, Roger masuk ke dalam air dan menyelamatkan nyawa suami dari wanita tersebut.

Tak ada yang menyadari kejadian itu bisa kebetulan. Sesaat Alice melihat wajah kecil Roger telah tumbuh dewasa, dan ia pun tersadar bahwa pemuda yang menolong hidup suaminya adalah anak kecil yang pernah ia selamatkan dahulu.

Artikel Selanjutnya
5 'Salah Tafsir' soal Sejarah yang Ternyata Benar
Artikel Selanjutnya
Pernah Selingkuh, Ada Potensi Dia Melakukan Lagi