Sukses

1.200 Orang Mengikuti Hari Yoga Internasional di Jakarta

Perwakilan Kedutaan India, Manish mengaku senang dengan antusiasme masyarakat Jakarta pada peringatan Hari Yoga Internasional kali ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar India di Jakarta sukses menyelenggarakan acara yoga bersama. Event yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Yoga Internasional itu dipadati oleh ribuan peserta.

Acara yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB kala puasa Ramadan ini, tak menyurutkan tekad ribuan orang untuk berpartisipasi dalam acara yoga bersama di Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Perwakilan Kedutaan India, yaitu Manish dan Eshila Maravanyika dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turut serta dalam kegiatan tersebut.

Ditemui usai acara, Manish menyampaikan rasa bahagianya karena antusiasme masyarakat Jakarta yang turut berpartisipasi dalam acara yoga tersebut.

Perwakilan Kedutaan India yaitu Manish dan Eshila Maravanyika selaku perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) foto bersama usai acara (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"Saya merasa bahagia karena banyak masyarakat Jakarta yang hadir pada pagi hari ini. Tentunya dengan jumlah yang sangat besar. Kita mulai pendaftaran sejak pukul 05.00 pagi, namun tetap saja barisan para peserta terlihat begitu ramai," ujar Manish di Taman Menteng, Sabtu (17/6/2017).

"Banyak anak muda, baik laki-laki maupun perempuan. Itu berarti yoga sangat dicintai kaum muda dan begitu populer di kalangannya. Sudah tiga tahun terakhir peringatan Hari Yoga Internasional diselenggarakan di Jakarta dan terus ramai didatangi warga," tambah Manish.

Ketika ditanya berapa banyak peserta yang menghadiri kegiatan yoga bersama tersebut, Manish mengatakan jumlahnya bisa mencapai 1.200 peserta

Beberapa hari ke depan, kegiatan yoga bersama akan dilakukan di beberapa kota besar lainnya. Manish pun berharap jumlah pesertanya lebih banyak terutama di Bali. Sebab, pihak Kedubes India mencatat peminat acara yoga di Pulau Dewata sangat banyak.

"Pesan saya kepada seluruh masyarakat di seluruh dunia adalah terus lakukan yoga. Kegiatan yoga tak hanya dilakukan ketika peringatan Hari Yoga Internasional saja, namun dilakukan setiap hari karena sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh," jelas Manish.

Sementara itu, Eshila Maravanyika selaku perwakilan dari PBB mengatakan bahwa dirinya sangat menikmati acara yoga bersama. Ia berharap terselenggaranya acara ini membuat masyarakat sadar bagaimana menjaga tubuhnya sendiri.

"Kegiatan ini sangat membantu kita untuk sadar akan kebutuhan tubuh, yaitu berolahraga. Dengan begitu, masyarakat akan hidup dalam kondisi yang bahagia, sehat, dan panjang umur," tutur Maravanyika.

Eshila Maravanyika (tengah) selaku perwakilan dari PBB sedang melakukan gerakan yoga (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"PBB berharap akan ada banyak lagi anak muda yang melakukan yoga. Sebab, kaum muda ini dikenal sebagai sosok yang memiliki aktivitas yang padat," imbuh Maravanyika.

"Melalui yoga akan membantu mengurangi beban mereka selama beraktivitas. Pagi ini, warga yang hadir dibagikan matras khusus yoga secara cuma-cuma. Maka, manfaatkanlah fasilitas itu dan terus lakukan yoga di mana pun anda berada," tambah Maravanyika.

Kesuksesan acara ini pun juga dapat terlaksana berkat panduan dari Master Yoga asal India Arun Yevle, dan Master Yoga asal Indonesia, Anjasmara, yang juga seorang artis ternama Tanah Air.

Anjasmara mengatakan, awal mula dirinya mengikuti yoga hanya untuk sekadar meditasi. Sempat merasakan kondisi tubuh yang kurang fit akibat padatnya aktivitas, ia lantas melakukan sebuah riset dan mencari tahu kegiatan apa yang bisa mengurangi dampak stres dan kelelahan. Maka, yogalah jawabannya.

Pria yang sempat membuat heboh masyarakat Indonesia berkat perannya sebagai "Cecep" ini mengatakan bahwa minat yoga di kalangan masyarakat Indonesia sudah semakin baik.

"Saat ini minat dan pengetahuan masyarakat tentang yoga sudah semakin besar, terbukti dengan banyaknya studio-studio yoga di Indonesia," ujar Anjasmara.

Master Yoga asal Indonesia Anjasmara usai memimpin acara (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"Pesan saya kepada masyarakat Indonesia yang ingin mencoba yoga, segera ambil kelas untuk para pemula. Jangan lakukan gerakan sembarangan karena dapat mencederai tubuh kita," tambah Anjasmara.

Peringatan Hari Yoga Internasional ini juga dapat berjalan sukses atas dukungan dari beberapa komunitas pecinta yoga di Ibu Kota, seperti Komunitas Yoga Gembira, Cibubur Yoga Center, Love Peace Yoga, dan Yoga Art Living.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.