Sukses

Rekaman Bocor Ungkap PM Australia Ejek Donald Trump

PM Australia Malcolm Turnbull terekam mengejek Presiden AS. Ia meniru gaya bicara Trump dan menyentil dugaan skandal Pilpres AS 2016.

Liputan6.com, Canberra - Bukan hal baru jika sosok Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinilai eksentrik. Perilaku dan pernyataannya pun kerap memicu kontroversi.

Parodi Trump sudah cukup sering dilakukan, salah satunya oleh aktor Alec Baldwin. Gaya Trump juga sempat ditiru oleh pembawa acara kawakan Jimmy Fallon.

Teranyar, peniru Trump bukan aktor atau pembawa acara, melainkan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Dalam sebuah video yang viral, PM Turnbull terekam meniru gaya bicara dan gerak tubuh Presiden Trump. Demikian seperti yang dikutip dari CNN, Jumat (16/6/2017).

Perbuatan PM Australia itu dilakukan saat ia tengah memberikan sambutan di acara Mid Winter Ball di Parlemen Australia. Kegiatan tahunan itu berupa jamuan yang dihadiri kalangan politikus, jurnalis, dan pejabat pemerintahan.

Bergaya meniru Trump, Turnbull mengangkat topik soal buruknya hasil survei persetujuan publik terhadap kinerja pemerintahan Donald Trump dan dugaan skandal politik antara Moskow dan tim kampanye Trump.

Berdasarkan hasil penghitungan sejumlah lembaga survei AS pada awal Juni 2017, persentase persetujuan publik (public approval) Negeri Paman Sam terhadap kinerja pemerintahan Trump hanya mencapai angka 35-39 persen.

Persentase itu turun 5-10 persen dari hasil survei public approval pada Februari 2017 yang berada pada angka 43 hingga 45 persen.

"Donald dan saya, kami menang dan menang di survei. Kami menang banyak. Kami menang seperti kami belum pernah menang sebelumnya. Itu benar. Bukan survei palsu di mana kita kalah. Akan tetapi kita menang di survei yang sebenarnya," ujar PM Turnbull seraya meniru Trump.

Candaan sang perdana menteri disambut gelak tawa para tamu undangan, serta direkam oleh kamera telepon genggam salah satu jurnalis media Australia, 9 News Australia, yang hadir di sana.

Padahal seharusnya, kegiatan tersebut bebas dari liputan media.

Sang PM Australia juga menjadikan skandal politik Rusia-AS sebagai bahan candaan. 

"Kalian tahu hasil survei daring? Mereka sangat mudah untuk dimenangkan. Saya tahu itu. Kalian tahu itu? Aku tahu itu. Survei daring sangat mudah untuk dimenangkan. Aku tahu orang Rusia ini. Percayalah, itu benar," kata sang perdana menteri Negeri Kanguru yang melakukan mimikri terhadap Donald Trump terkait isu skandal politik AS dengan Rusia.

Aksi mimikri Donald Trump yang dilakukan oleh PM Turnbull itu menyebar ke Negeri Paman Sam. Media AS Fox News dan Hollywood Reporter turut mengonfirmasi peristiwa tersebut lewat akun Twitter mereka.

"PM Australia dilaporkan mengejek Trump, seperti yang terekam dalam sebuah rekaman video yang bocor," tulis @FoxNews pada 15 Juni 2017.

Sementara itu Hollywood Reporter menulis melalui @THR, "PM Australia mengejek Trump seperti yang terekam dalam sebuah rekaman."

 

Mengetahui bahwa aksi humornya viral, PM Turnbull mengaku "kecewa" kepada pihak yang menyebarluaskan rekaman video tersebut. Namun, menurutnya itu merupakan candaan yang bagus.

"Saya rasa, pada Mid Winter Ball tahun depan, saya akan membaca naskah Budget Paper Number 2 (naskah laporan anggaran pengeluaran pemerintah Australia)...itu candaan yang ringan, menyentuh hati, dan sentral humornya hanya saya seorang," ujar PM Turnbull kepada radio Australia, 3AW.

 

Saksikan video menarik video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.