Sukses

Ini Tunggangan Super Mewah 6 Pemimpin Dunia

Sejumlah pemimpin dunia 'menunggangi' armada udara mewah yang bernilai fantastis. Berikut enam di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi presiden atau kepala negara bukan perkara mudah. Semakin tinggi jabatan, semakin besar pula tuntutan kewajiban. Tumpukan tugas yang sulit ada di depan mata.

Namun, konsekuensi tugas itu sebanding dengan fasilitas yang diberikan kepada para kepala negara. Mulai dari fasilitas keamanan, kediaman, maupun transportasi guna melancarkan tugas negara.

Perusahaan Air Charter Service mendata pesawat yang digunakan oleh sejumlah pemimpin negara berikut dengan taksiran harga, interior, dan fitur keamanan.

Seperti dikutip dari laman Business Insider, berikut 6 armada terbang 'super' yang menjadi tunggangan pemimpin dunia: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tamim Bin Hamad Al Thani, Qatar

Tamim Bin Hamad Al Thani adalah putra keempat dari emir Qatar sebelumnya, Syekh Hamad bin Khalifa Al-Tsani. Ia resmi menjadi emir Qatar pada tanggal 25 Juni 2013 setelah ayahnya turun takhta.

Tamim sempat mengenyam pendidikan di Sherborne School di Dorset, Inggris di mana ia menerima 'A Level' pada tahun 1997.

Menurut Air Carter Service, Tamim Bin Hamad Al Thani adalah salah satu orang terkaya di planet ini. Maka tidak mengejutkan jika ia memiliki pesawat senilai 1,2 miliar poundsterling.

Emir Tamim Bin Hamad Al Thani memiliki total armada pesawat senilai 1,2 miliar poundsterling (AP)

Dalam setiap perjalanan resminya, ia selalu didampingi setidaknya oleh 1.000 orang termasuk anggota keluarga, anggota delegasi, dan pelayan. Saat berpergian ia bahkan membawa limusin (mobil mewah) untuk digunakan di negara tujuan.

Sebagian besar perjalanannya selalu membawa armada terbang lebih dari satu. Sebut saja aat mengunjungi Jepang, ia tiba dengan 10 pesawat terbang yang berisi rombongan.

Ketika melakukan perjalanan personal, Emir Tamim atau keluarganya serta pejabat tinggi pemerintahan menggunakan penerbangan VIP, Qatar Amiri Flight.

Armada VIP sendiri terdiri dari 15 pesawat dimana total harga pesawat tersebut melebihi 80 juta poundsterling.

Selain itu, Emir Tamim terkadang juga menggunakan jet bisnis Bombardier Global Ekspress tipe BD-700-1A10 dan sebuah pesawat transportasi militer Boeing C-17 Globemaster III untuk keperluan pribadi.

3 dari 7 halaman

2. Donald Trump, Amerika Serikat

Air Force One, mungkin armada kepresidenan yang paling tersohor di dunia. Dengan mesin ganda (twin jet), air force one memiliki tinggi setara gedung berlantai enam.

Burung besi itu memiliki tiga tingkat dan ruang kabin seluas 370 meter persegi.

Air Charter Service memperkirakan pesawat Presiden Amerika Serikat Donald Trump bernilai US$ 1 miliar (AP)

Air Force One diketahui memiliki 26 awak dan untuk satu jam perjalanan, tunggangan presiden AS ini menelan biaya 276.589 dolar Australia.

Pesawat berjenis Boeing 747-200 tersebut berdaya jelajah 12.550 kilometer dan memiliki kemampuan untuk mengisi bahan bakar di udara.

Empat mesin besarnya mampu memberikan daya dorong semburan jet 56.000 pon dan terbang dengan kecepatan Mach 0.855 atau 1.092 km per jam.

Boeing mengklaim, jet itu adalah pesawat penumpang tercepat di dunia.

Air Force One juga dinilai belum memiliki tandingan. Katie Zezima, wartawan Washington Post mengatakan, berada di Air Force One seperti berada di pesawat komersial.

Air Charter Service memperkirakan bahwa pesawat yang kini mengangkut Donald Trump itu bernilai US$ 1 miliar.

4 dari 7 halaman

3. Vladimir Putin, Rusia

Armada udara andalan milik Presiden Rusia Vladimir Putin adalah pesawat buatan Rusia tipe IL-90-300PU. Armada itu adalah pesawat tempur jarak jauh yang bertubuh lebar.

Pesawat tipe IL-90-300PU memiliki panjang 65 meter dan lebar sayap lebih dari 65 meter. Kecepatan jelajahnya mencapai 900 kilometer per jam.

Kabin mewah yang dihiasi permadani dan akses emas menambah kemewahan pesawat ini. Selain itu perabotan dan desain interior yang digunakan bergaya neoklasik.

Di dalamnya terdapat kantor, kamar tidur, dan gym dengan peralatan lengkap.

Air Charter Service memperkirakan harga pesawat yang dilengkapi dengan sistem keamanan, komunikasi, dan sistem canggih lainnya tersebut dapat mencapai 360 juta poundsterling.

Tak hanya satu, Negeri Beruang Merah itu memiliki empat pesawat yang sama demi alasan keamanan.

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang memungkinkannya dapat bertindak sesuai pusat manajemen. Pesawat ini mampu melaksanakan perintah dengan cepat jika terjadi konflik tak terduga.

Dilengkapi dengan sistem keamanan, komunikasi dan sistem canggih lainnya Pesawat Presiden Rusia Vladimir Putin mencapai 360 juta poundsterling (AP)

Putin memegang rekor presiden dengan armada udara terbesar. Setidaknya sebanyak 68 pesawat dan 64 helikopter yang dimiliki presiden Rusia.

5 dari 7 halaman

4. Hamad bin Isa Al Khalifa, Bahrain

Raja Hamad bin Isa Al Khalifa lahir di Riffa pada 28 Desember 1948 . Ia menjadi raja Bahrain sejak 14 Februari 2002, menggantikan posisi ayahnya Isa bin Salam Al Khalifa.

Selama kepemimpinannya Raja Hamad melakukan banyak pembaruan politik di kerajaan yang mencakup pembebasan atas semua tahanan politik, memberikan hak memilih kepada perempuan, dan menyelenggarakan pemilu parlemen.

Ia dan istrinya, Syekha Sabika binti Ibrahim Al Khalifa memiliki lima orang anak, yaitu Syekh Salman bin Hamad bin Isa Al Khalifa, Syekh Abdullah, Syekh Khalifa, dan Syekha Najla.

Anak bungsu raja, Pangeran Faisal bin Hamad Al Khalifah meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil pada 13 Januari 2006. Saat itu usianya 15 tahun.

Hamad bin Isa Al Khalifa memiliki total armada pesawat senilai 195 juta poundsterling (AP)

Menurut Air Charter Service, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa termasuk salah satu emir terkaya di kawasan Teluk. Salah satu kekayaannya terlihat dari armada pesawat yang ia gunakan dalam lawatannya, baik resmi maupun personal.

Pesawat resmi kerajaan adalah maskapai penerbangan Bahrain Royal Flight. Armada udara ini terdiri dari enam buah pesawat yaitu, Boeing Business Jet BBJ2, dua Boeing 747-400, Boeing 767-400ER, Gulfstream G-IV, dan Bell 430.

Masing-masing pesawat itu ditujukan khusus untuk anggota keluarga kerajaan dan pejabat tinggi pemerintah.

Dilaporkan terdapat penambahan armada baru yaitu Boeing 767-400ER dan Boeing Business Jet BBJ2.

Informasi mengenai interior pesawat sangat terbatas. Namun dek penumpang Boeing 767-400ER dikabarkan terbagi menjadi dua zona, di mana ruang tamu VIP terpisah dengan area negosiasi. Jika ditotalkan harga keseluruhan pesawat tersebut bernilai 195 juta poundsterling.

6 dari 7 halaman

5. Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam

Menjadi anak sulung dari seorang raja membuat Sultan Brunei Hassanal Bolkiah mengemban tugas berat sejak kecil.

Mengingat dirinya harus menggantikan posisi sang ayah, fisik dan mentalnya telah dilatih dan dididik sejak kecil.

Pada tahun 1961 sang ayah, Sir Omar menobatkan Sultan Hassanal sebagai putra mahkota kerajaan. Enam tahun kemudian ayahnya lengser dari takhta dan Sultan Hassanal pun mulai memimpin sejak 5 Oktober 1967.

Namun ia baru resmi dinobatkan sebagai raja lewat sebuah upacara pada 1 Agustus 1968. Hassanal merupakan sultan ke-29 dari dinastinya yang dipercaya sebagai salah satu yang tertua di dunia.

Hassanal Bolkiah adalah sultan ke-29, Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam, dan Perdana Menteri pertama Brunei Darussalam.

Siapa sangka, keahliannya berbisnis menjadikan dirinya sebagai salah satu raja terkaya di dunia. Sosoknya lekat dengan barang-barang super mewah.

Di istananya, Sultan Hassanal mengoleksi lebih dari 7.000 mobil termewah, termahal serta tercepat di dunia. Berbagai perhiasan antik super mahal pun menjadi koleksi pribadinya.

Tak hanya memiliki mobil serba mewah, Hassanal Bolkiah juga dikenal sebagai pemimpin negara yang memiliki kendaraan pesawat super canggih. Pesawat mewah yang selalu menjadi armadanya ialah pesawat jenis Airbus A340-212.

Harga burung besi itu ditaksir mencapai 80 juta poundsterling ditambah 95 juta poundsterling untuk mempercantiknya.

Biaya tambahan itu meliputi pembuatan kabin mewah yang dihiasi logam mulia, permata, dan kayu dengan kualitas terbaik, serta pemasangan tangki bahan bakar tambahan.

Dengan adanya tambahan bahan bakar pesawat mewah ini dapat terbang non-stop sejauh 15.000 kilometer.

Selain itu, Sultan Brunei ini juga memiliki pesawat tipe Boeing 747-430 yang sudah dimodifikasi, Boeing 767-270, dan dua helikopter Sikorsky S-70.

7 dari 7 halaman

6. Queen Elizabeth II, Inggris

Beberapa bulan lalu, Ratu Elizabeth II baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-90. Sri Baginda Ratu terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926.

Elizabeth II adalah ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat.

Untuk memenuhi segala fasilitas penunjang perjalanannya, ratu Inggris tersebut bergantung pada armada canggih milik negaranya.

Ratu Elizabeth II memakai perhiasaan safir hadiah pernikahan dari Raja George VI (David Bailey)

Terdapat dua helikopter tipe AW109 untuk jarak tempuh di bawah 1.000 kilometer. Ada pula enam pesawat tipe BAE-125 dengan rentang penerbangan hingga 3.000 kilometer serta pesawat tipe BAE-146.

Tak berhenti di situ saja, sang ratu juga memiliki helikopter pribadi Sikorsky S-76. Jika ditotal semuanya, armada pengangkut Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai USD 100 juta.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.