Sukses

Ponsel hingga Lampu, 8 Benda 'Aneh' yang Pernah Tertelan Manusia

Berikut delapan benda 'aneh' yang pernah tertelan manusia sehingga dibutuhkan tindakan medis untuk mengeluarkannya, apa saja?

Liputan6.com, Yangzhou - Pada 2015 seorang perempuan di China bergegas mendatangi Rumah Sakit Yangzhou Subei di China. Wanita berusia 27 tahun itu mengeluhkan ada sendok yang bersarang di dalam perutnya.

Perempuan bernama Wang itu mengaku tak sengaja menelan sendok saat meneguk mie dari mangkuk. Meski awalnya tak percaya, akhirnya melakukan pemindaian ke perut Wang.

Setelah melakukan pemeriksaan dengan sinar X, dokter melihat sendok besi sepanjang 15 cm bersarang di perutnya. Lewat mulut Wang, tim medis pun mengeluarkan benda tersebut dalam waktu dua jam.

Sebelumnya ada seorang siswa yang menelan sendok es krim dan wanita yang menelan spatula.

Tak hanya itu, kisah serupa juga pernah terjadi beberapa kali. Seperti dikutip dari dari Live Science, Selasa (13/6/2017), berikut delapan benda 'aneh' yang pernah tertelan manusia.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menelan Ponsel

1. Korek

Korek yang berada di perut seorang pria (S. Karger AG/University Hospital/Creative Commons)

Sebuah korek ditemukan di perut seorang pria Kroasia. Pria tersebut mengaku kepada dokternya bahwa dia sengaja menelan korek saat berada di sebuah kantor polisi, di mana dia ditanyai tentang kemungkinan penyelundupan narkoba.

Pria itu telah membungkus korek api dengan kertas kaca sehingga ia tak terpapar bahan kimia yang ada di dalam korek.

Dokter berhasil menyingkirkan pemantik api yang telah berada di perutnya selama 17 bulan itu dan menariknya melalui kerongkongan.

2. Ponsel

Ponsel yang sengaja ditelan oleh seorang tahanan di Irlandia (Dublin Incorporating the National Children's Hospital/Creative Commons)

Seorang tahanan berusia 29 tahun di Irlandia pergi ke ruang gawat darurat setelah dia menelan ponsel. Menurut pemeriksaan Sinar-X, ponsel itu bersarang di perutnya.

Awalnya, dokter mencoba mengeluarkannya melalui kerongkongan. Namun, akhirnya tim medis mengeluarkannya melalui proses pembedahan untuk mengeluarkan ponsel tersebut.

Sejumlah dokter di Dublin Incorporating the National Children's Hospital menggambarkan kasus tersebut dalam International Journal of Surgery Case Reports pada tahun 2016.

Gigi Palsu

3. Sikat Gigi

Sikat gigi yang tak sengaja tertelan oleh seorang remaja (S. Karger AG/Clinical Hospital Split/Creative Commons)

Menurut sebuah laporan 2011, seorang perempuan berusia 18 tahun bergegas ke dokter setelah tak sengaja menelan sikat gigi. Ia mengakui telah menggunakan sikat gigi untuk membuatnya muntah.

Melalui tindakan medis, sikat sepanjang 20 cm itu akhirnya berhasil dikeluarkan. Setelah melalui proses pemulihan, remaja itu kembali ke rumah enam jam kemudian.

4. Gigi Palsu

Ilustrasi gigi palsu (iStock)

Seorang pria berusia 55 tahun di India tak sengaja menelan sebagian gigi palsunya saat mengalami kejang kala tidur.

Tapi pria tersebut tidak menyadari apa yang telah ditelannya, hingga ia ke dokter delapan hari kemudian setelah mengalami nyeri dada dan kesulitan menelan.

Melalui Sinar-X, terlihat bahwa bagian gigi palsunya tertancap di kerongkongannya. Meski sulit, dokter akhirnya bisa mengeluarkannya tanpa perlu melakukan operasi.

3 dari 3 halaman

Jepit Rambut Berkarat dalam Perut

5. Alat Kedokteran Gigi

Alat kedokteran gigi yang tak sengaja tertelan oleh seorang bocah (Journal of International Oral Health/Creative Commons)

Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun di India tak sengaja menelan instrumen kedokteran gigi yang tajam saat tengah memeriksakan giginya. Melalui pemeriksaan Sinar-X, terlihat bahwa alat itu terdapat di perutnya.

Karena anak laki-laki itu tak merasakan sakit, dokter menunggu apakah alat itu akan melewati saluran pencernaan dengan sendirinya. Sinar-X yang diambil beberapa jam setelahnya menunjukkan bahwa alat tersebut bergerak, dan keluar melalui feses 41 jam kemudian.

6. Jepit Rambut

Jepit rambut yang tak sengaja tertelan bocah 4 tahun (BMJ)

Seorang bocah berusia 4 tahun asal Arab Saudi harus dibawa ke rumah sakit. Ternyata, ia menelan benda tersebut beberapa bulan sebelumnya dan menyebabkan jepit itu berkarat dan menjadi tajam.

Menurut laporan 2015, jepit rambut yang tajam itu menusuk usus kecilnya dan juga ginjal. Dokter kemudian mengambil benda tersebut melalui operasi, dan bocah itu berhasil pulih.

Bolpoin Bersarang 25 Tahun di Perut

7. Lampu

Lampu yang tak sengaja tertelan oleh bocah berusia 15 bulan (BMJ 2015)

Seorang bocah berusia 15 bulan dilarikan ke UGD di Queen Mary Hospital di Hong Kong pada 2012 karena kesulitan bernapas. Setelah diperiksa, ternyata sebuah lampu terdapat di tenggorokannya.

Para dokter mengeluarkan lampu tersebut dalam beberapa potongan untuk meminimalkan kerusakan pada jalur pernapasannya. Mereka melaporkan kasus tersebut secara online pada 26 Agustus 2015 dalam jurnal BMJ Case Reports.

8. Bolpoin

Bolpoin yang telah bersarang di perut seorang perempuan selama 25 tahun (BMJ Case Reports 2011)

Saat seorang perempuan berusia 76 tahun itu pergi ke dokter karena mengalami penurunan berat badan dan diare, sebuah pemeriksaan menemukan benda mengejutkan di dalam perutnya, yakni sebuah bolpoin.

Menurut laporan di jurnal BMJ Case Repsorts tahun 2011, perempuan itu mengaku tak sengaja menelannya pada 25 tahun yang lalu.

 Meskipun tidak ada kerusakan pada perut, para dokter memutuskan mengeluarkan bolpoin itu karena adanya kemungkinan kerusakan perut di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.