Sukses

Siapa Sangka, 7 Artis Terkenal Ini Ternyata Seorang Penemu

Tak hanya menghiasi dunia hiburan, tujuh selebritas ini ternyata juga seorang penemu. Siapa saja?

Liputan6.com, Los Angeles - Aktor Inggris yang namanya tenar setelah membintangi film James Bond, Sir Roger Moore, dikabarkan merupakan penemu es krim Magnum. Kabar tersebut beredar saat kematiannya pada bulan lalu.

Menurut seorang jurnalis Chrissy Iley, Sir Roger pernah berkata pada 1960-an bahwa ia berharap perusahaan es krim Wall's memproduksi es krim stik. Wall's diduga mengirimkan es krim stik sesuai permintaannya.

Beberapa tahun kemudian, mereka meluncurkan es krim stik Magnum pada 1989. Es krim tersebut saat ini menjadi salah satu merek paling top di dunia.

Wall's sendiri mengklaim tak memiliki pengetahuan akan keterlibatan Moore dalam penemuan es krim Magnum. Namun, jika Sir Roger memang punya andil dalam hal tersebut, ia bukan merupakan selebritas pertama yang menghasilkan ide brilian atau penemu.

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (8/6/2017), berikut tujuh selebritas yang juga sebagai penemu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penemu Popok hingga Push-Up Bra

1. Harry Connick Jr

Harry Connick Jr (AFP)

Harry merupakan penyanyi, juri ajang pencarian bakat, dan juga aktor. Ia juga mengklaim bahwa dirinya merupakan penemu alat yang berfungsi penting dalam orkestra.

Saat tur di tahun 90-an, penyanyi populer itu begitu frustrasi dengan lembaran musiknya yang tertiup angin. Ia pun merancang sebuah mesin yang mampu menampilkan musik secara digital.

Salah satu manfaat yang tak terduga adalah, alat itu memungkinkannya melakukan penyesuaian terhadap lembaran musik band-nya tanpa harus mencetak kertas baru.

"Ya ampun, ini membuat hidup saya lebih mudah," kata Harry kepada New York Times pada 2002. "Saya dapat menulis sebuah tangga lagu di pagi hari dan semua orang memilikinya di layar komputer pada siang hari."

2. Jamie Lee Curtis

Jamie Lee Curtis (AFP)

Selain dikenal saat membintangi film Halloween, aktris Amerika itu juga pernah tampil dalam film komedi A Fish Called Wanda.

Namun, bintang Trading Places dan True Lies yang berusia 58 tahun itu juga memegang hak paten popok yang dimodifikasi dengan kantong kedap air untuk menyimpan tisu basah.

"Ini disebut Dipe 'N Wipe," ucap Curtis pada tahun lalu dalam sebuah wawancara di Radio Nasional Amerika.

3. Howard Hughes

Howard Hughes (Wikipedia/Public Domain)

Howard Hughes yang merupakan sutradara sekaligus miliarder patut berterima kasih kepada Hughes Rock Eater, yakni alat pengeboran yang dirancang sendiri oleh ayahnya. Sebab, alat itu menjadi penyumbang terbesar kekayaannya.

Ayah Hughes, Howard Hughes Sr, membuat mesin untuk mengebor sumur minyak. Sementara itu Howard Hughes membuat prototipe push-up bra.

Howard merancang push-up bra pada 1943 untuk keperluan film yang disutradarainya, The Outlaw. Pakaian tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan penampilan bintang filmnya, Jane Russell.

Namun, Rusell mengaku tak nyaman mengenakan bra tersebut dan bersikeras menggunakan bra miliknya sendiri.

3 dari 4 halaman

Penemu Sepatu Anti-Gravitasi dan WiFi

4. Michael Jackson

Michael Jackson (Epic Records)

Michael Jackson terkenal akan banyak hal. Mulai dari mempopulerkan moonwalk hingga memiliki simpanse bernama Bubbles.

Namun, banyak orang yang belum tahu bahwa legenda pop itu membantu menciptakan sepatu "anti gravitasi", sehingga ia dan para penarinya dapat membaringkan tubuh dalam keadaan berdiri hingga membentuk sudut 45 derajat.

Dipatenkan pada 1992, mekanisme yang digunakan dalam sepatu tersebut bekerja dengan sempurna. Terlepas pada insiden tahun 1955 ketika salah satu kaitan sepatu ke panggung terlepas sehingga membuat Jackson jatuh.

5. Hedy Lamarr

Hedy Lamarr (Wikipedia/Public Domain)

Aktris kelahiran Wina dengan nama asli Hedwig Kiesler itu menjadi bintang Hollywood pada 1930 hingga 1940-an setelah tampil tanpa busana dalam film Ecstasy besutan Jerman.

Namun, salah satu pencapaian terbesarnya jauh dari layar perak.

Saat Perang Dunia II, ia membantu menemukan cara baru untuk mengontrol torpedo yang dikendalikan radio dari gangguan sinyal. Teknologi yang dikenal sebagai frequency hopping itu masih digunakan hingga saat ini, yakni pada ponsel, GPS, Bluetooth, dan WiFi.

4 dari 4 halaman

Penemu Klem Penahan Bom dan Stoking

6. Zeppo Marx

Zeppo Marx (Wikipedia/Public Domain)

Zeppo adalah anak paling kecil dari Marx Brothers, yakni grup komedi Amerika yang terdiri dari empat bersaudara, yakni Chico, Groucho dan Harpo.

Namun, Zeppo mencapai kesuksesan yang jauh lebih besar, yakni sebagai penemu arloji yang dapat memantau denyut nadi pasien jantung dan akan berbunyi saat detaknya tidak teratur.

Zeppo juga mendirikan Marman Products, yakni produsen kerdigantaraan. Perusahaan tersebut membuat klem penahan bom atom yang diluncurkan pada 9 Agustus 1945 di atas Nagasaki, Jepang.

Klem serupa juga digunakan pada 1962 dalam misi Friendship 7 yang mengantarkan John Glenn sebagai orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi.

7. Julie Newmar

Julie Newmar (Wikipedia/Julie Newmar)

Julie Newmar merupakan aktris Amerika yang namanya dikenal saat bermain sebagai Catwoman dalam film Batman pada 1960-an. Ia dengan bangga menyatakan di situsnya bahwa ia adalah "generasi ke-11 Amerika dan keturunan Mayflower"--kapal yang mengangkut separatis Inggris pada 1620 ke New World atau lebih dikenal sebagai Amerika.

Namun, ia tak pernah menyebut bahwa dirinya lah yang memegang paten pantyhose, stoking berbentuk celana, pada 1970 yang di pasar dijual dengan nama "Nudemar".

Aktris dan penyanyi yang saat ini berusia 83 tahun itu, juga mematenkan bra dengan tali tersembunyi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.