Sukses

Ilmuwan Ungkap Bahaya Menjemur Baju di Dalam Rumah

Ternyata aktivitas yang kita pikir wajar, seperti menjemur baju di dalam rumah, dapat menimbulkan bahaya bagi penghuninya.

Liputan6.com, Sydney - Pada musim hujan, mungkin sebagian dari kita memilih menjemur baju di dalam rumah. Selain karena rendahnya intensitas sinar Matahari, kita memilih menghindari sesuatu yang tak diinginkan -- seperti menjemur di luar bangunan lalu kehujanan.

Namun, aktivitas tersebut ternyata dapat membuat rumah menjadi tempat berkembang biak hal-hal yang tak baik untuk kesehatan.

Dosen senior di bidang Kesehatan Lingkungan di Univeristy of New South Wales (NSW), Dr Nick Osborne, menyebut aktivitas itu berkontribusi atas pertumbuhan jamur dan tungau debu.

Ia mengatakan, rumah yang berjamur dan lembab dapat memicu asma bagi mereka yang sebelumnya tak mengidap penyakit tersebut. Bagi para pengidap, hal itu dapat menyebabkan gejala yang lebih buruk.

Seorang peneliti rekan dengan University of NSW Dr Christine Cowie mengatakan, agen biologi seperti jamur memiliki dampak kesehatan yang negatif. Agen biologi adalah organisme yang berkembang biak dan dapat menimbulkan penyakit.

"Dari sudut pandang kesehatan...banyak agen biologi ditemukan di dalam rumah dan biasanya tumbuh subur dalam kelembapan dan ventilasi yang tidak memadai," ujar Cowie seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (8/6/2017).

"Mereka menemukan bahwa kelembapan itu sendiri menjadi indikator yang baik atas adanya risiko asma dan gejala pernafasan. Ada penelitian lain yang menunjukkan hirupan spora jamur terkait dengan sensitisasi alergi dan asma," kata dia.

Menurutnya, jika sebuah rumah tak memiliki ventilasi baik, kelembapan akan terbentuk di dalamnya dan akan mengendap di jendela dan dinding.

Tungau debu menyukai kelembapan dan akan berkembang biak di rumah yang lembap. Selain itu, bau jamur akan menyeruak jika rumah tak miliki saluran udara yang baik.

Namun Osborne mengatakan, ada cara yang sederhana dan efektif untuk mengurangi kelembapan di rumah.

"Jika Matahari bersinar cerah, jemur pakaian di luar dan pastikan alat pengering pakaian udaranya dialirkan ke luar," ujar dia.

Osborne mengatakan, rumah-rumah modern sering kali tertutup rapat dan dapat menambah kecenderungan sebuah rumah menjadi lembap. Menjaga rumah yang memiliki ventilasi baik dan hangat akan membantu menghindari hadirnya tungau dan jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • Sains