Sukses

Kebiasaan dan Rutinitas Unik 6 Miliarder Dunia, Apa Saja?

Berikut, gaya hidup, rutinitas, dan kebiasaan unik dari 6 miliarder dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana cara seseorang untuk menjadi miliarder?

Ada sebagian orang telah aktif melakukan investasi sejak usia 11 tahun. Dan ketika di usia yang ke-30, investasi tersebut telah berhasil menuai keuntungan sebesar US$ 1 juta.

Beberapa orang yang lain sedari kecil berbakat dalam bidang perangkat lunak komputer, kemudian menciptakan sebuah aplikasi inovatif, unik, dan baru, seperti kisah Mark Zuckerberg dan Facebook-nya.

Namun, menjadi miliarder bukan hanya semata-mata tentang investasi saham sedari muda atau berbakat sejak kecil. Menjadi miliarder ternyata juga memiliki sangkut-paut dengan gaya hidup, rutinitas, kebiasaan, dan disiplin.

Beberapa miliarder terkenal dengan pola membaca 50 buku per-tahunnya untuk melatih kemampuan berpikir. Sementara yang lain disiplin mempertahankan kesehatan fisik sedari muda agar akal, pengetahuan, dan produktivitasnya tetap lestari di usia tua.

Berikut, gaya hidup, rutinitas, dan kebiasaan unik dari 6 miliarder dunia, seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com dari Marketwatch.com pada Senin (5/6/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Olahraga Pukul 05.00 ala Richard Branson

Richard Brenson (kiri) (Wikimedia Commons)

Richard Branson (total kekayaan bersih berkisar US$ 5 miliar) merupakan pendiri Virgin Group, sebuah perusahaan industri konglomerat multi-sektor dan multi-nasional asal Inggris. Beberapa contoh bidang bisnis yang digeluti oleh Virgin Group antara lain jasa perhotelan dan pariwisata mewah, penerbangan angkasa luar, telekomunikasi, serta perbankan.

Salah satu kebiasaan unik yang ditekuni oleh sang pendiri Virgin Group itu adalah olahraga.

Branson yang kini berusia 66 tahun itu rutin berolahraga setiap harinya yang dimulai setiap pukul 05.00. Olahraga yang ia lakukan bermacam-macam, mulai dari berselancar, berenang, tenis, hingga kite-surfing (berselancar menggunakan para-layang).

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Social Psychology pada 2009, orang yang secara rutin bangun dan beraktivitas di pagi hari cenderung lebih produktif ketimbang orang yang suka begadang.

 

3 dari 7 halaman

2. 19 Jam Membaca ala Warren Buffet

Warren Buffet (kiri) saat bertemu dengan Barack Obama (Wikimedia Commons)

Warren Buffet (total kekayaan bersih berkisar US$ 73,7 miliar) merupakan CEO Berkshire Hathaway Inc., sebuah perusahaan induk industri konglomerat multi-sektor dan multi-nasional asal Amerika Serikat.

Beberapa contoh bidang bisnis yang digeluti oleh Berkshire Hathaway Inc., adalah finansial, asuransi, dan industri transportasi massal.

Salah satu kebiasaan absurd yang digeluti oleh Buffet adalah membaca selama 19 jam atau 600 hingga 1.000 halaman per hari. Kebiasaan itu telah dilakukan miliarder itu sejak ia pertama kali terjun di dunia investasi dan bisnis di usia muda.

 

4 dari 7 halaman

3. Membaca 50 Buku ala Bill Gates

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOEL SAGET)

Siapa tak kenal Bill Gates? Pendiri Microsoft itu memiliki total kekayaan bersih berkisar US$ 85 miliar.

Salah satu kebiasaan unik yang ditekuni Gates adalah membaca sekitar 50 buku per tahunnya. Kebiasaan itu telah ia lakukan sejak kanak-kanak.

Jika rutinitas Gates ditempatkan dalam konteks, sekitar 26 persen warga Amerika Serikat sama sekali tidak membaca buku per tahunnya. Menakjubkan bukan?

 

5 dari 7 halaman

4. Satu Pilihan Pakaian ala Mark Zuckerberg

Foto yang diunggah Mark Zuckerberg pada ultah pernikahannya yang kelima dengan Priscilla Chan (Sumber: Facebook Mark Zuckerberg)

Rutinitas penemu Facebook dengan total kekayaan bersih berkisar US$ 55,6 miliar itu terbilang sangat unik.

Bagi Mark Zuckerberg, setiap harinya ia berusaha untuk meminimalisir melakukan pengambilan keputusan pada sejumlah hal yang sepele. Hal itu Zuckerberg lakukan agar ia mampu melakukan pengambilan keputusan untuk sesuatu hal yang lebih penting, signifikan, dan krusial.

Guna mengimplementasikan filosofinya tersebut, maka Mark Zuckerberg memutuskan mulai mengenakan pakaian dengan model, corak, warna, dan fungsi yang sama setiap harinya. Hal itu dilakukan sang penemu Facebook agar dirinya tak perlu pusing dalam melakukan pengambilan keputusan untuk mengenakan model pakaian yang berbeda.

Dan bagi Zuckerberg, hal itu dapat membantu dirinya untuk mengambil keputusan penting dalam menjalankan perusahaan Facebook miliknya.

 

6 dari 7 halaman

5. Tepat Jadwal dan Waktu ala Elon Musk

Elon Musk (kiri) (Wikimedia Commons)

Elon Musk (total kekayaan bersih berkisar US$ 13,1 miliar) merupakan pendiri SpaceX, sebuah perusahaan industri yang bergerak di bidang pengembangan eksplorasi angkasa luar. Musk juga terkenal sebagai co-founder perusahaan mobil elektrik Tesla, Inc.

Salah satu kebiasaan unik yang dilakukan oleh Elon Musk adalah kedisiplinannya dalam membuat agenda kegiatan dengan presisi yang tinggi, namun sederhana. Hal itu, bagi Musk, mampu membuatnya tepat jadwal dan waktu setiap harinya.

Ia cukup memilah waktu bekerjanya menjadi 5 hari dalam seminggu, Senin hingga Jumat. Kemudian ia memilah kelima hari itu dengan komposisi 2 + 2 + 1. Misalnya, Musk mengkombinasikan Senin dengan Kamis untuk fokus menjalankan perusahaan SpaceX, kemudian Selasa dan Rabu berfokus pada Tesla, Inc. Sementara pada Jumat, ia mampu membagi fokusnya untuk kedua perusahaan tersebut sekaligus.

Jadwal seperti itu, bagi Musk, mampu membuatnya lebih produktif setiap harinya.

 

7 dari 7 halaman

6. Olahraga Kardio ala Mark Cuban

Mark Cuban (biography.com)

Mark Cuban --dengan total kekayaan bersih berkisar US$ 3,3 miliar-- merupakan pemilik klub basket NBA Dallas Maverick.

Salah satu rutinitas yang ditekuni oleh Cuban adalah olahraga kardiovaskuler, aerobik, dan bela diri, meliputi tinju, basket, lari, renang, dll.

Menurut sejumlah penelitian, olahraga aerobik mampu membantu daya konsentrasi dan membuat seseorang menjadi lebih fokus.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini